Optimalkan Kebutuhan Masyarakat Terhadap Akses Informasi

5
Kepala Dinas Kominfo Pessel, Junaidi.(NET)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan (Pessel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus meningkatkan kebutuhan masyarakat terhadap berbagai akses informasi di daerah itu. Upaya itu bertujuan untuk mewujudkan kedaulatan rakyat terhadap penyelenggaraan negara secara baik dan lebih maksimal lagi melalui informasi yang dibutuhkan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kominfo Pessel, Junaidi, Kamis (8/7) di Painan. Dijelaskannya, keterbukaan informasi  merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik, terhadap penyelenggara negara.

”Berdasarkan tujuan itu, maka semua aparatur terutama sekali di jajaran Dinas Kominfo, harus mampu memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap berbagai akses informasi yang dibutuhkan,” ungkapnya.

Berdasarkan harapan itu pula, maka penyediaan sarana dan prasarana Informasi Teknologi (IT) sebagaimana diamanatkan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik harus tercapai. Karena penyebaran informasi tersebut juga bisa dilakukan melalui konten berita, gambar ataupun dalam bentuk video.


”Beberapa sarana itu mampu membentuk masyarakat yang informatif, namun muatannya tetap harus mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ingatnya.

Dia menambahkan, untuk mendapatkan berbagai informasi tentang daerah itu, dia mengajak masyarakat melakukan diseminasi dan pendistribusian informasi setiap kegiatan yang dilakukan melalui media website (http://diskominfo.pesisirselatankab.go.id).
Informasi itu bisa disajikan baik dalam bentuk konten berita, gambar, atau video, serta dalam bentuk konten lainnya yang dapat menghasilkan informasi.

Baca Juga:  Pemkab Pessel Upayakan Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia

“Dia menyarankan agar informasi yang akan ditampilkan tidak basi, maka konten yang akan ditampilkan itu paling lambat dua hari setelah kegiatan berlangsung sudah dikirim,” harapnya.

Dijelaskan lagi, informasi dalam bentuk konten berita dan artikel yang dikirim, penulisanya harus sesuai dengan Keputusan Kepala Diskominfo Nomor 555.3/16/Kpts/KOMINFO-PS/2019 tentang Pedoman Pengumpulan dan Penyebaran Informasi Daerah melalui Website atau menurut sumber lain yang memenuhi unsur kaidah penulisan.

Dari itu dia juga berharap agar jajarannya mampu memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap informasi dengan cara banyak menulis, yang tentunya dengan menggunakan pemakaian Bahasa Indonesia yang baik dan benar. (yon)