Usulkan Rabab Pasisia Masuk Ekstrakurikuler

19
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah.(IST)

Sebanyak 20 seniman babiola rabab pasisia meriahkan Festival Bahari Rabab Pasisia Sabtu-Minggu (7-8/8) di Kawasan Wisata Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Kegiatan yang dipusatkan di Amphitheater Nagari Sungainyalo itu dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, Sabtu (7/8). Pembukaan Festival Bahari Rabab Pasisia tersebut, ditandai dengan membunyikan alat musik biola oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi, juga diikuti oleh Wakil Bupati Pessel, Rudi Hariyansyah, dan anggota DPRD Sumbar, Muhayatul.

Mahyeldi, dalam sambutannya saat pembukaan festival itu menyampaikan apresiasinya atas terselenggara iven Festival Bahari Pesisir Selatan Rabab Pasisia tersebut. ”Kita patut bangga karena kesenian rabab ini merupakan salah satu kesenian khas masyarakat Pesisir Selatan, dan ini tidak ada dijumpai di tempat lain,” katanya.

Ditambahkannya, untuk mengenalkan potensi pariwisata, Pessel menggelar berbagai banyak iven, terutama di Kawasan Wisata Terpadu Mandeh. Seperti halnya kegiatan salaju sampan dan lomba jet ski. Namun kata gubernur, khusus untuk pemenang Festival Bahari Rabab Pasisia, pihaknya akan mengundang tampil di Istana Gubernur Sumbar nantinya untuk mengisi acara provinsi.

Baca Juga:  Tampung Masukan, Bawaslu Pessel Dirikan Posko Pengaduan Masyarakat

Sementara itu, anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhayatul menyebutkan, tujuan digelar iven Festival Bahari Rabab Pasisia adalah untuk mengembalikan memori masyarakat terhadap kesenian yang sudah mulai hilang itu. Muhayatul mengusulkan kepada gubernur agar kesenian rabab dimasukkan sebagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah mulai dari SD hingga SMA.

Sementara itu, Wakil Bupati Pessel, Rudi Hariansyah berharap kolaborasi program antara Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, dengan Kabupaten Pesisir Selatan terus terjalin guna mendorong upaya membangkitkan geliat kepariwisataan dan perekonomian masyarakat.
Kegiatan tersebut juga dapat disaksikan secara virtual melalui platform media sosial, yaitu Instagram, Facebook, Zoom App dan Youtube. (yon)