Produksi Padi Terus Meningkat

18
Ilustrasi produksi padi meningkat (IST)

Dinas Pertanian Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) melalui Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Lengayang, kembali melakukan pengambilan sampel umbian pada pada titik Kerangka Sampel Area (KSA) Minggu (9/1) di Kelompok Tani (Keltan) Lubuk Basung Kampung Tampunik, Nagari Kambang Timur.

Melalui upaya untuk mendapatkan data yang valid dalam mewujudkan Satu Data Indonesia (SDI) di sektor pertanian itu, didapatkan data bahwa terjadi peningkatan hasil umbian dari musim tanam sebelumnya di Keltan Lubukbasung itu.

Hal itu disampaikan Pimpinan BPP Kecamatan Lengayang kepada Padang Ekspres, kemarin (10/1). Disampaikannya, peningkatan capaian hasil umbian itu merupakan hasil kerja keras yang dilakukan oleh petugas penyuluh di lapangan selama ini terhadap kelompok tani.

Berdasarkan capaian itu, pihak BPP menyampaikan apresiasinya kepada petugas dan penyuluh yang melakukan pembinaan dan pendampingan kepada masyarakat petani di nagari itu.

“Kita memberikan apresiasi kepada penyuluh kita yang sudah bekerja keras meningkatkan produksi padi. Ini merupakan hasil dari kerja sama dan sinergitas antara penyuluh dan petani, serta adanya team work yang bagus dari jajaran BPP di kecamatan ini,” katanya.

Baca Juga:  Lakukan Kunjungan Kerja Perorangan, Darizal Basir Salurkan Bantuan Sembako

Dia menjelaskan, berdasarkan data yang didapatkan di Keltan Lubukbasung itu, peningkatan produksi padi di Keltan itu mencapai 1,4 ton per hektare.

“Hasil sampel umbian di lokasi KSA Keltan Lubuk Basung meningkat dari sebelumnya. Sebab sekarang hasil umbiannya 4,9 kilogram, meningkat dari Musim Tanam (MT) sebelumnya yang hanya 4,0 kilogram. Jika jika dikonversikan keton menjadi 7,84 ton per hektare GKP atau naik 1,44 ton per hektare GKP dari MT sebelumnya itu,” jelasnya.

Dia menambahkan, umbian pada titik KSA itu dilakukan pihaknya bersama petugas dari mitra Badan Pusat Statistik (BPS) Pessel, dengan juga didampingi oleh PP WKPP Nagari Lakitan Timur, Rice Murdiana, dan PP WKPP Nagari Kambang, Kecamatan Lengayang. (yon)