Waspadai Ruas Jalan Tapan-Kerinci

ilustrasi. (net)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) meminta masyarakat terutama pengendara agar meningkatkan kewaspadaan ketika melintasi sejumlah ruas jalan di Pessel. Sebab pada beberapa titik ruas jalan lintas barat rawan longsor. Apalagi saat ini musim penghujan yang dapat memicu terjadinya bencana tersebut.

Titik rawan longsor itu seperti pada ruas jalan Pessel-Kerinci, antara pasar Tapan Kecamatan Basa IV Balai Tapan dengan Kerinci, Jambi. Pada ruas jalan pasar Tapan-Kerinci yang menghubungkan Sumbar dengan Jambi ini, terdapat sekitar tujuh titik rawan longsor.
“Apalagi, jalannya juga sempit dan memiliki tikungan yang tajam. Agar ancaman sebagaimana dikhawatirkan itu tidak terjadi, pemerintah daerah menyiagakan alat berat di kawasan itu. Tujuannya agar penanganan bisa cepat dilakukan, terutama bila ancaman bencana seperti longsor itu betul-betul terjadi,” kata Kepala BPBD Pessel, Herman Budiarto, kemarin.

Ia berharap masyarakat tetap berhati-hati dan terus meningkatkan kewaspadaan. Di samping tidak menentunya kondisi cuaca, beberapa titik ruas jalan di daerah itu rawan longsor.

“Keselamatan merupakan hal utama yang perlu diperhatikan. Atas kondisi demikian, informasi beberapa titik rawan perlu diingatkan kepada masyarakat di saat-saat cuaca seperti sekarang ini,” imbaunya.

Baca Juga:  Dua Pelaku Pembobol ATM Dibekuk

Terpisah, Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUTR) Pessel Budi Digdiman ketika dihubungi menjelaskan panjang ruas jalan Tapan-Kerinci yang tergolong rawan longsor itu mencapai 60 kilometer. Pada ruas jalan itu, kewenangannya ada pada dua provinsi, yakni Sumbar dan Jambi. “Tujuannya agar kenyamanan dan keselamatan warga yang memanfaatkan jalur ini tercapai. Koordinasi dengan pihak provinsi pun kita lakukan,” katanya.

Kondisi ruas jalan yang rawan lainnya terdapat di ruas Siguntur Kecamatan Koto XI Tarusan hingga batas Pesisir Selatan dengan Kota Padang. Demikian juga pada ruas jalan Selayang Pandang Luhung Kecamatan Bayang, ruas Batu Tembak  RCTI Kecamatan IV Jurai, dan ruas Bukit Pulai Kecamatan Batangkapas.

“Pada ruas yang saya jelaskan tadi memiliki potensi longsor. Sebab berada di sepanjang lereng bukit. Termasuk juga pada ruas Bukit Punai Balai Selasa, dan bukit Buai di Kecamatan Basa IV Balai Tapan,” pungkasnya. (yon)