Sekjen Bawaslu RI Lantik Rinaldi Jadi Kepala Sekretariat Bawaslu Pessel

23

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) DR. Gunawan Siswantoro, melantik dan mengambil sumpah jabatan, Rinaldi, S.Pd, SH, M.Si sebagai Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan, Jumat (13/5).

Pelantikan Rinaldi bersama pejabat eselon III lainnya di lingkup sekretariat jenderal Bawaslu dilakukan secara Daring oleh Sekjen Bawaslu dari Kantor Bawaslu RI.
Sementara Rinaldi, mengikuti pelantikan dari kantor Bawaslu Sumatera Barat (Sumbar).

Kegiatan pelantikan ini dihadiri oleh Kepala Sekretariat (Sumbar) Karnalis Kamaruddin, Kepala Bagian Sekretariat Bawaslu Sumbar, serta Ketua Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan, Erman Wadison.

Sekjen Bawaslu RI DR. Gunawan Siswantoro, dalam arahannya usai pelantikan menyampaikan, pelantikan pejabat eselon III, IV dan fungsional dilakukan dalam rangka memantapkan persiapkan menghadapi tahapan Pemilu tahun 2024.

” Pada empat belas Juni 2022 tahapan pemilu 2024 segera dimulai, diharapkan pelantikan ini akan membuat Bawaslu semakin siap mengawasi tahapan Pemilu,” katanya.

Dalam kesempatan itu sekjen, mengingat pajabat yang baru dilantik segera melengkapi persyaratan alih status mejadi pegawai organik Bawaslu.

” Saya tidak ingin mendengar ada diantara pejabat yang dilantik hari ini di masa yang akan datang mengundurkan diri dan pindah kembali ke instansi asalnya,” tegas Gunawan Siswantoro.

Baca Juga:  Dukung Digitalisasi Pendidikan, PLN Hadiahi Internet Pintar

Dikatakan, dengan telah dimulainya tahapan pemilu serentak 2024 tidak memungkinkan lagi penggantian pejabat atau penarikan pejabat yang telah dilantik, karena hal tersebut dapat mengganggu tahapan pemilu.

Sebagaimana diketahui sebelum di Bawaslu, Rinaldi sudah malang melintang pemerintah daerah. Diantaranya pernah menjabat Kabag Humasy dan Protokol (2019-2021), kemudian Kabag Kesbang Pol (2017-2019).
Rinaldi mengawali karirnya sebagai PNS semenjak tahun 1993, Guru SDN di Taratak Sungai Lundang Kecamatan Koto XI Tarusan, kemudian di era otonomi pindah menjadi Staf humasy Pemkab Pessel.

Di luar jabatan sebagai PNS Rinaldi, mulai tahun 2003 sampai tahun 2013 menjabat anggota KPU Kabupaten Pesisir Selatan. Selama menjabat anggota KPU berhasil menyelesaikan pendidkan S1 Hukum di Univeesitaa Bung Hatta dan S.2 Politik lokal dan Otonomi Daerah di Universitas Andalas.

Di bidang organisasi suami Darmiyanti, S.Pd, pernah menjadi Ketua PWI dan Sekretaris PCNU Pesisir Selatan. (Yon)