3 Ribu Nakes Bakal Divaksin Moderna, Capaian Vaksinasi Baru 10,6 Persen

6

Selain fokus melakukan vaksinasi Covid-19 tahap pertama dan kedua kepada masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), juga tengah melakukan vaksinasi tahap ketiga bagi tenaga kesehatan (nakes) dengan jenis vaksin Moderna.

Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Satria Wibawa, kemarin (14/9) mengatakan, vaksin dosis ketiga bagi tenaga kesehatan itu dilakukan secara bertahap.

“Karena petugas nakes baik di puskesmas maupun di rumah sakit sedang konsentrasi melakukan vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan kedua kepada masyarakat, sehingga pelaksanaan vaksin ketiga jenis moderna terhadap nakes ini, kita lakukan secara bertahap,” katanya.

Ia menjelaskan, jumlah nakes yang akan menerima vaksin Moderna di Kabupaten Pessel ada sekitar tiga ribu orang.

“Namun dari jumlah ini yang telah selesai disuntik dosis ketiga baru 54 orang. Hal ini karena kesibukan nakes itu sendiri dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat dalam melakukan vaksin sebagaimana saya jelaskan tadi,” ucapnya.

Disampaikannya, sebagian kecil petugas nakes yang sudah mendapatkan vaksin Moderna itu adalah tenaga kesehatan di Puskesmas Balai Selasa, dan sebagian nakes di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr M Zein Painan.

“Hingga saat ini baru sebagian kecil tenaga kesehatan yang telah menerima vaksin Moderna. Mereka itu adalah tenaga kesehatan di Puskesmas Balai Selasa, dan sebagian nakes di RSUD M Zein Painan. Secara bertahap akan kita upayakan agar bisa tuntas secara keseluruhan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Bumil Rentan Tertular Virus Covid-19, Vaksinasi Ibu Hamil Dimulai

Ia menambahkan, selain konsentrasi melakukan vaksinasi kepada masyarakat, tim vaksinator di semua puskesmas yang ada di daerah itu juga tengah konsentrasi melakukan vaksinasi kepada pelajar.

“Upaya itu kami lakukan agar realisasi vaksinasi dapat bergerak cepat dan dapat dituntaskan sesuai target hingga akhir 2021,” ungkapnya.

Hal itu ditegaskannya karena capaian vaksinasi dosis pertama di daerah itu masih 10,16 persen dari target 390.890 orang. Sementara, dosis kedua baru sebesar 4,7 persen.

Laporan realisasi itu terhitung per tanggal 10 September 2021 dan hingga saat ini masih terus bergerak seiring kegiatan vaksinasi yang dilakukan oleh petugas nakes pada masing-masing puskesmas.

“Jadi sekarang kita memang tengah fokus dulu melakukan vaksinasi dosis kedua terhadap masyarakat dan pelajar. Setelah ini tuntas, barulah kita bergerak maksimal melakukan suntikan dosis vaksin ketiga kepada para nakes ini,” tutupnya. (yon)