Optimalkan Layanan Kesehatan saat Covid

13
ilustrasi. (net)

Pelayanan medis kepada masyarakat di semua tingkatan baik rumah sakit (RS) maupun Puskesmas harus tetap berjalan maksimal selama pandemi Covid-19. Upaya itu dilakukan agar tidak ada keraguan bagi masyarakat untuk datang berobat ketika sakit.

Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dan memakai alat pelindung diri (APD). Pjs Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Mardi, kemarin (14/10) menyampaikan saat ini di daerah itu jumlah puskesmas dengan status rawat inap sudah ada sebanyak 12 dari 20 puskesmas yang ada.

Ia mengatakan puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan di tingkat dasar.
Dikatakan lagi bahwa daerah itu pada 2021 memang telah menargetkan semua puskesmas dari status biasa menjadi rawat inap. Dia berharap target itu bisa tercapai, dan Covid-19 juga segera berakhir.

Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Satria Wibawa, mengatakan pihaknya tetap terus melakukan monitoring ke seluruh puskesmas baik dari sisi fisik, alat-alat kesehatan (Alkes), tenaga medis maupun kegiatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Bila ada yang kurang, bisa dilakukan pembenahan dan peningkatan. Sebab sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan tingkat dasar di kecamatan, kami memang terus berupaya mengoptimalkan pelayanan,” jelasnya. (yon)