Tingkatkan Pelayanan Perpustakaan Dengan SLiMS

33
DILATIH: Tim PKM IIPK UNP Kunjungi MTsN 1 Pessel bersama guru dan siswa MtsN 1 Pessel.(IST)

Pengelola perpustakaan mesti memiliki pemahaman mengenai tata kelola perpustakaan dan bagaimana konsep dari digital library. Dengan begitu, diyakini kunjungan dan minat baca akan meningkat.

Hal ini menjadi perhatian tim program kemitraan masyarakat (PKM) Prodi Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan (IIPK), Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, FBS, UNP. Tim yang diketuai Jeihan Nabila, didampingi anggota Habiburrahman, Nesa Riska Pangesti, dan Malta Nelisa melakukan pengabdian di MTsN 1 Pesisir Selatan.

Tema pengabdian adalah pengelolaan perpustakaan untuk menumbuhkan budaya baca dan mendukung aktivitas literasi sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan, Kamsi (9/9).

Jeihan Nabila menyampaikan urgensi kegiatan PKM ini adalah staf perpustakaan MTsN 1 Pesisir Selatan belum memiliki pemahaman mendalam mengenai tata kelola perpustakaandan bagaimana konsep dari digital library.

Hal tersebut dibuktikan dengan kurangnya pengetahuan kepala perpustakaan mengenai konsep dari pengelolaan perpustakaan .Karena kepala perpustakaan dikelola oleh guru kelas, bukan pejabat khusus atau lulusan ilmu perpustakaan. Hal ini juga bermuara pada kurangnya aktivitas literasi siswa.

Katanya, tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah memberikan peningkatan kemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar baik oleh pengajar maupun siswa.

Termasuk ke dalamnya konsep tentang pengelolaan perpustakaan, dan menambah skill staf perpustakaan dalam mengelola perpustakaan berbasis sistem otomasi Senayan Library Management System (SliMS). Sehingga dapat menumbuhkan budaya baca dan mendukung aktivitas literasi sekolah.

Dalam kegiatan ini ada pemaparan materi serta memberikan sosialisasi kepada guru-guru dan staf perpustakaan untuk peningkatan kualitas SDM dalam mengelola perpustakaan sekolah. Untuk menumbuhkan kesadaran mengenai arti pentingnya perpustakaan dalam pembelajaran siswa sekolah.

Menumbuhkan minat baca pada diri siswa agar kemampuan literasi dapat meningkat dan efektif. Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan beberapa buku untuk koleksi perpustakaan oleh tim PKM.

Setelah itu masuk materi kedua bersama para staf dan kepala perpustakaan sekolahdengan memberikan pelatihan terkait dengan pekerjaan teknis pengelolaan perpustakaan yang meliputi layanan perpustakaan, tata kelola perpustakaan dan pemeliharaan koleksi perpustakaan.

Terakhir memberikan pelatihan dalam penyempurnaan pengoperasikan Senayan Library Management System (SLiMS) dalam pengelolaan perpustakaan. (yon)