Pessel Tetap Tutup Kawasan Wisata

Para wisatawan menunggu giliran untuk melakukan cliff jumping di Pulau Sironjong di kawasan wisata Mandeh. (Elfi Mahyuni/Padang Ekspres)

Lantaran masih berlakunya masa Pembatasan Sosial Berkala Besar (PSBB) hingga 29 Mei 2020 mendatang, maka dipastikan Lebaran nanti semua kawasan wisata yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) ditutup.

Ketegasan itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel, Hadi Susilo, kemarin (17/5) di Painan. “Karena Idul Fitri 1441 Hijriyah nanti masih dalam masa PSBB, maka semua lokasi wisata yang ada di Pessel tidak ada aktivitas keramaian sebagaimana Lebaran tahun lalu,” katanya.

Ditegaskannya, penutupan itu dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 selama PSBB. Sehingga jika ditemui ada warga yang tidak mematuhi, maka akan mendapat sanksi tegas. Sebab daerah itu tidak menginginkan kasus baru positif Covid-19, akibat dari ketidak patuhan masyarakat dalam menjalani protokoler PSBB.

”Terkait ketegasan ini, kita akan mengkoordinasikannya dengan pihak terkait. Karena kita yakin nantinya akan ada masyarakat yang membandel dengan tetap beraktivitas walaupun dimasa PSBB,” jelasnya.

Dia juga berharap ada kerja sama dari semua pihak supaya tetap mematuhi aturan yang ada baik itu dari masyarakat, pemilik jasa perjalanan wisata (travel), penginapan, perahu dan pelaku usaha pariwisata lainnya, supaya penyebaran kasus Covid-19 bisa dihambat. “Kerja sama semua pihak itu sangat dibutuhkan agar apa yang diharapkan benar-benar tercapai,” kata Hadi Susilo.

Perlu diketahui bahwa setiap Lebaran, semua kawasan wisata di Pessel selalu ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. ”Beberapa kawasan yang ramai dikunjungi itu adalah kawasan wisata Mandeh, Pantai Cerocok Painan, jembatan akar, air terjun Bayang Sani, dan beberapa kawasan lainnya,” ujarnya. (yon)