Temui Dirjen Cipta Karya, Rusma Ingin Wujudkan Program 1.000 Homestay

18

Setelah bertemu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sehari sebelumnya, Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar lanjut bertemu Dirjen Cipta Karya, Diana Kusumastuti.

“Kita membicarakan program 1.000 rumah untuk masyarakat tidak mampu di Pessel, dan penataan kawasan kumuh,” ujar Rusma, Jumat (18/6/2021).

Ia juga membahas pengembangan pariwisata dengan konsep memadukan wisata massal dengan wisata minat khusus.

“Kita berharap program 1.000 homestay untuk Kawasan Wisata Mandeh bisa terwujud, pengembangan kawasan wisata Bayang Sani, Jembatan Akar, Timbulun Painan, Plta Salido Ketek, Batang Kapas, Pelangai untuk dikembangkan,” harapnya


Rusma Yul Anwar menerangkan pariwisata yang dimiliki Kabupaten Pesisir Selatan cukup potensial dan perlu dukungan pusat untuk pengembangannya. Keterbatasan anggaran masih menjadi kendala utama.

Bupati Rusma mengatakan, hari ini ia juga akan menemui Dirjen Sumber Daya Air, Jarot Widyoko, masih terkait peningkatan instrastruktur Pessel.

Seperti berita sebelumnya, Kamis (17/6) bupati bertemu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Ia membawa antara lain proposal Normalisasi Batang Tapan. Ia didampingi Kepala Dinas PSDA Doni Gusrizal dan Kepala Dinas Tata Ruang Pemukiman dan Pertanahan, Mukhridal.

Baca Juga:  Pantai Muara Anakan Batang Kapa, di Tanami 6000 Pohon Cemara Laut

“Menteri PUPR langsung memanggil Dirjen Cipta Karya dan Dirjen Sumber Daya Air, untuk mencatat dan menindaklanjutinya. Kita menyadari jumlah usulan yang disampaikan cukup banyak, sementara kondisi keuangan negara sedang sulit. Tapi besarnya perhatian pak menteri dan respons beliau, kita berharap pemerintah pusat bisa menindaklanjuti dengan mengucurkan program pembangunan untuk Pesisir Selatan,” harapnya. (elfi)