Pembangunan Jalan Usaha Tani Taratak Dievaluasi

10
PEMBANGUNAN: Tim Evaluasi APB Kecamatan Sutera saat turun ke lapangan.(DOKUMEN KECAMATAN SUTERA)

Besarnya dampak yang akan dirasakan oleh masyarakat terhadap peningkatan ekonomi dari pembangunan jalan usaha tani dengan menggunakan dana desa (DD) di Kenagarian Taratak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), maka perlu mendapatkan dukungan dari semua elemen di nagari itu.

Karena pembangunan jalan dengan panjang mencapai 2 kilometer itu telah mempermudah akses masyarakat untuk menuju lahan perkebunan gambir, sehingga tim evaluasi Anggaran Pendapatan Belanja (APB) Nagari Kecamatan Sutera, turun ke lapangan melakukan peninjauan pada Rabu (15/9).

Camat Sutera, Loli Novita, selaku ketua tim evaluasi APB Nagari di kecamatan itu ketika dihubungi Padang Ekspres Minggu (19/9) menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Nagari (Pemnag) Taratak.

“Apresiasi itu saya sampaikan karena pembangunan jalan dengan memanfaatkan Dana Desa tersebut, sangat memberikan manfaat bagi masyarakat petani gambir di nagari itu. Saya bersama tim evaluasi APB Nagari telah turun ke lokasi untuk melihat secara dekat kondisi di lapangan,” katanya.

Dari peninjauan itu diakuinya banyak manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat nantinya dengan terbukanya ruas jalan menuju perkebunan gambir tersebut.

Baca Juga:  Anggaran Penanggulangan Bencana Minim, BPBD Harapkan Kepedulian Pemnag

“Selain bisa memperluas lahan perkebunan sesuai potensi yang dimiliki, kawasan ini juga bisa dijadikan sebagai permukiman baru yang aman dan nyaman karena masuk pada zona hijau tsunami,” ucapnya.

Dia berharap program pengembangan kawasan melalui pembukaan ruas jalan baru itu, juga bisa dilakukan oleh nagari lainnya di Kecamatan Sutera yang memberikan manfaat lebih sebagaimana dilakukan Nagari Taratak.

“Sebab hal itu dibolehkan dengan memanfaatkan dana desa sesuai dengan perencanaan yang sudah disusun berdasarkan APB Nagari,” Tambah Loli, dengan juga didampingi Sekcam Sutera, Akpalrizonly.

Wali Nagari Taratak, Bisnal menjelaskan, pembangunan ruas jalan bukit menuju perkebunan gambir milik masyarakat itu dilaksanakan melalui kegiatan PKTD dengan memanfaatkan dana desa.

“Karena memiliki dampak yang besar, sehingga kita akan melakukan upaya peningkatan nantinya. Tentu ini membutuhkan dukungan dari masyarakat, terutama sekali oleh Badan Musyawarah (Bamus) Nagari Taratak,” timpalnya.  (yon)