Kinerja Pegawai dan Nakes Puskesmas Digenjot

74
ilustrasi. (jawapos.com)

Dinas Kesehatan diminta melakukan pembinaan secara maksimal agar kinerja tenaga kesehatan (nakes) dan pegawai di tingkat puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan terus meningkat.

Ketegasan itu disampaikan Pjs Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Mardi, kemarin (20/10). “Meskipun di masa pandemi Covid-19, namun pembinaan terhadap puskesmas dari jajaran Dinas Kesehatan harus tetap dilakukan secara maksimal. Itu saya sampaikan karena pelayanan kesehatan di tingkat puskesmas tersebut harus tetap berjalan. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, dan menggunakan alat pelindung diri (APD),” pintanya.

Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Satria Wibawa, mengakui pihaknya memang terus melakukan pembinaan terhadap tenaga kesehatan dan pegawai puskesmas secara berkala. Namun pembinaan yang dilakukan saat ini lebih mengarah kepada motivasi tenaga kesehatan supaya tetap maksimal dalam menjalankan tugasnya. Sebab sekarang masih dalam masa pandemi Covid-19.

Selain memberikan semangat dan motivasi, pihaknya juga tetap menargetkan semua puskesmas di daerah itu diakreditasi. Karena melalui akreditasi itu, pelayanan yang berkualitas akan benar-benar didapatkan oleh masyarakat.

”Kita menargetkan 20 puskesmas yang ada di daerah ini semuanya terakreditasi. Upaya ini kami lakukan agar kualitas pelayanan kesehatan tingkat dasar benar-benar didapatkan oleh masyarakat,” ujarnya. (yon)