6 Walinagari Tarusan Dilantik, Diminta Rajin Turun ke Lapangan

44
Pelantikan 6 Walinagari Masa bakti 2021-2027 se-Kecamatan koto XI Tarusan.(IST)

Sebanyak 6 orang Walinagari se Kecamatan Koto XI Tarusan dilantik oleh Camat Koto XI Tarusan Deni Anggara Kamis(22/7) di halaman kantor camat setempat.

Ke enam walinagari itu adalah Walinagari Sungai Pinang yaitu Darmen ,Walinagari Nanggalo yaitu Dodi P, Walinagari Ampang Pulai Efridinal ,Walinagari Kapuh Zulmanto,Walinagari Duku Eridal dan Walinagari Siguntur Sasriadi. Pelantikan enam wali nagari terpilih ini juga diikuti dengan pelantikan Ketua TP PKK Nagari.

Camat Koto XI Tarusan mengungkapkan pelantikan ke 6 walinagari ini adalah hasil pelaksanaan Pilwana pada awal juni lalu, dimana pada pelaksanaan Pilwana lalu sebanyak 31 nagari se Kabupaten Pesisir Selatan.

Camat mengharapkan Wali Nagaril yang baru saja dilantik untuk selalu menjalin kebersamaan bersama unsur bamus dan masyarakatā€¯Permasalahan besar berawal dari permasalahan kecil yang terabaikan,saya yakin wali nagari yang baru bisa mengatasi permasalahan dinagari, jauhkan perbedaan, jalin kebersamaan,ā€¯ungkapnya


Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar diwakili Kepala Dinas Kelautan Andi Safpinal pada sambutannya mengungkapkan atas nama pribadi dan pemerintah daerah mengucapkan selamat kepada enam wali nagari yang baru saja dilantik. “Tugas berat telah menanti saudara semua,” ujarnya.

Baca Juga:  Pantai Muara Anakan Batang Kapa, di Tanami 6000 Pohon Cemara Laut

Menekankan, sejumlah tugas yang harus dilaksanakan segera oleh wali nagari diantaranya adalah pemberantasan Covid-19. Andi meminta Wali Nagari untuk memastikan masyarakat di wilayahnya senantiasa menerapkan protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan.

“Wali Nagari juga saya minta untuk dapat mengajak masyarakatnya mengikuti vaksinasi Covid-19, terutama yang mempunyai mobilitas tinggi, banyak berinteraksi dan juga para lansia. Hal ini sangat penting guna memutus rantai penyebaran kasus Covid-19,” ujarnya .

Selain itu, juga meminta wali nagari untuk segera menyelesaikan RPJM Nagari “Wali Nagari harus rajin turun ke lapangan. Pastikan semua pelayanan program dan kegiatan tepat sasaran. Bekerjalah secara profesional dengan dedikasi dan loyalitas yang sepenuhnya bagi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan nagari, tanpa memandang aspek apapun,” tandasnya

Kepada para penjabat wali nagari sebelumnya, bupati juga mengucapkan terimakasih karena telah menjalankan roda pemerintahan nagari mencegah terjadinya kekosongan pimpinan menjelang dilantiknya wali nagari definitif, sehingga tidak mengganggu terhadap pelayanan masyarakat.(elfi m)