Inovasi Selamat Lahir, Pelayanan Terbaru Dinas Dukcapil Pesisir Selatan

11

Memberikan kemudahan kepada masyarakat, terutama bagi ibu baru melahirkan dalam mendapatkan akta kelahiran anak, kartu keluarga (KK) baru, serta juga Kartu Identitas Anak (KIA), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) lakukan inovasi Selamat Lahir.

Inovasi itu dilaksanakan melalui kerja sama rumah sakit pemerintah/swasta, serta juga klinik bersalin dan bidan dasa/nagari.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Dukcapil Pessel, Evafauza Yuliasman, Senin (25/4) di ruang kerjanya.

“Inovasi Selamat Lahir ini bertujuan untuk memberikan layanan yang membahagiakan kepada ibu baru melahirkan. Sebab melalui inovasi ini, ibu baru melahirkan tersebut langsung mendapatkan dokumen kependudukan bagi bayinya dalam bentuk akta kelahiran, kartu keluarga (KK) baru, dan Kartu Identitas Anak (KIA),” katanya.

Dijelaskan juga bahwa inovasi Selamat Lahir itu juga bertujuan untuk mendukung pencapaian target kinerja Dinas Dukcapil pada cakupan kepemilikan akta kelahiran bagi anak 0 sampai 18 tahun.

“Agar apa yang diharapkan ini bisa tercapai maksimal, maka kita dari Dinas Dukcapil tidak saja melakukan kerja sama dengan rumah sakit pemerintah, tapi juga rumah sakit swasta, klinik bersalin, serta juga tempat praktek bidan pada semua nagari yang ada di Pessel,” jelasnya.

Untuk bisa menjangkau semua tempat bersalin itu, sehingga pihaknya tidak saja menerjunkan petugas dari Dinas Dukcapil, tapi juga dari petugas Unit Kerja Layanan (UKL) Dukcapil yang ada di semua kecamatan.

“Mereka ini secara aktif turun langsung ke lapangan untuk mengambil data dan dokumen ibu yang baru melahirkan tersebut, serta juga secara langsung pula menyerahkan beberapa dokumen tersebut. Sehingga ketika ibu bayi pulang ke rumah, bayinya juga sudah dilengkapi dengan akta kelahiran, KK baru, serta juga KIA,” jelasnya.

Baca Juga:  Dukung Digitalisasi Pendidikan, PLN Hadiahi Internet Pintar

Dia berharap melalui inovasi selamat lahir itu, pihaknya benar-benar bisa membahagiakan masyarakat dengan sepenuh hati. Sebab kepuasan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai melalui inovasi itu.

“Sebab melalui inovasi ini, masyarakat akan sangat dimudahkan untuk mendapatkan dokumen kependudukan yang baru terhadap anggota keluarganya tanpa harus datang ke Kantor Dinas Dukcapil dan kantor UKL Dukcapil Kecamatan. Dari itu saya juga meminta kepada petugas dari bidan atau dokter tempat ibu bayi melahirkan, supaya melaporkan secara aktif kepada petugas kami bila ada persalinan,” pintanya.

Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data, Sartoni Nursalim, juga menjelaskan bahwa pihaknya akan terus memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat di daerah itu.

Ditambahkan lagi bahwa pelayanan itu juga merupakan wujud kerjasama dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Pessel dengan Dinas Dukcapil Pessel.

“Melalui kerjasama ini, maka pencapaian target Dinas Dukcapil pada cakupan kepemilikan akta kelahiran bagi anak 0-18 tahun akan bisa maksimal sebagaimana harapan yang disampaikan Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, setiap kali kesempatan. Pelayanan inovasi Selamat Lahir ini juga dilakukan petugas saat ini di Rumah Sakit BKM Sago, Kecamatan IV Jurai,” timpalnya ketika itu. (yon)