SMAN 2 Painan Komitmen Ciptakan Generasi Berkarakter!

21
INOVATIF: Kepala SMAN 2 Painan, Erisman menyampaikan inovasi sekolah dalam kegiatan Padek-Paragon Go to School, Sabtu (23/7).(DEWI FATIMAH/PADEK)

SMAN 2 Painan terus berkomitmen dalam mendidik dan mendorong siswa menjadi generasi yang berkarakter, berprestasi, menguasai iptek, ramah lingkungan dan kompetitif di tingkat global berasaskan profil pelajar Pancasila.

“Untuk mewujudkan itu semua, kami melakukan sejumlah langkah inovatif dan kreatif agar siswa-siswi kami bisa mampu mengembangkan ilmu pengetahuan untuk modal mereka di masa depan,” jelas Kepala SMAN 2 Painan Erisman saat menyampaikan inovasi sekolah di kegiatan Padek-Paragon Go to School, Sabtu (23/7) lalu.

Erisman mengatakan, salah satu kegiatan kreatif yang dilakukan di SMAN 2 Painan adalah dengan mengajarkan kepada siswa bagaimana mengolah limbah plastik dan lainnya yang selama ini dianggap tak bernilai menjadi produk yang bermanfaat.

“Limbah-limbah yang diolah itu di antaranya limbah plastik, limbah kayu, dan limbah kaca. Kami ajarkan semua siswa agar bisa kreatif mengolah limbah tersebut,” katanya.

Ditambahkan, hasil olahan siswa tersebut biasanya dijadikan produk seperti tas, dompet, kotak tisu, dan produk-produk kerajinan yang bernilai lainnya. Selain itu Erisman mengungkapkan, SMAN 2 Painan juga telah mengaplikasikan perpustakaan berbasis digital, dimana setiap siswa bisa melakukan peminjaman buku secara digital.

Langkah tersebut mendukung agar siswa bisa melek terhadap dunia teknologi di era digital saat ini. Lebih lanjut Erisman menyampaikan, untuk mendukung lahirnya siswa yang berkarakter tersebut, SMAN 2 Painan juga fokus terhadap peningkatan kompetensi para guru.

Baca Juga:  SMAN 1 Sijunjung Gudang Prestasi, Jadi Kebanggaan Sijunjung

Bahkan saat ini terdapat beberapa guru berprestasi di antaranya Lucianda Dwi Mutia, yang berhasil meraih perhargaan dari Bupati Pesisir Selatan dan telah banyak karya inovasi yang ditulis dalam bentuk buku.

“Lalu, ada dua orang guru yang telah lolos sebagai guru penggerak angkatan 4 pada tahun 2022, atas nama Rini Amelia dan Asma Devi Puspita,” ujar Erisman.

Selanjutnya, SMAN 2 Painan memiliki tiga guru favorit, di antaranya termasuk dua guru favorit pilihan pembaca yaitu Rini Amelia dan Asma Devi Puspita. Rini Amelia merupakan guru pintar sehingga mendapatkan predikat cumlaude, kreatif dan inovatif, hampir tiap tahun mencetak siswa berprestasi di ajang olimpiade sains Bidang Fisika tingkat kabupaten.

“Kami juga sudah bekerja sama dengan berbagai lembaga, di antaranya dengan Human Languange Academy Jepang, Kantou Gakuin University of Jepang, BRI junior dan Junior Smart, Ruangguru, dan masih banyak lainnya,” tukasnya. (cr4)