Perpustakaan SMKN 1 Painan Raih Penghargaan

43
SMKN 1 Painan meraih penghargaan dari Pemerintah Provinsi Sumbar. (IST)

Inovasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Painan, Kabupaten Pessel dalam melakukan pengelolaan perpustakaan, berbuah prestasi. Tahun 2020 ini sekolah kejuruan tertua di Pessel itu sukses meraih penghargaan perpustakaan terbaik 3 tingkat provinsi dari Gubernur Sumatera Barat.

Penghargaan itu diserahkan oleh Sekprov Sumatera Barat, Alwis kepada Kepala SMKN 1 Painan, Syamsul Mardan, Selasa (27/10) di Axana Hotel. Kepala SMKN 1 Painan, Syamsul Mardan usai menerima penghargaan mengatakan bahwa keberhasilan SMKN 1 Painan meraih penghargaan perpustakaan terbaik 3 tingkat provinsi tersebut, tidak terlepas dari dukungan semua pihak seperti guru, siswa, komite sekolah dan lainnya.

”Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak dalam hal ini guru, siswa, komite sekolah dan lainnya yang telah ikut andil. Sehingga SMKN 1 Painan meraih penghargaan perpustakaan terbaik 3 tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2020,” ucapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, SMKN 1 Painan selama ini telah membuat inovasi dalam pengelolaan perpustakaan yang dikemas melalui Program Literasi Sekolah (PLS) dan Program Pustaka Digital (PPD). Disebutkan, dengan adanya pojok-pojok literasi di lingkungan sekolah, maka siswa dengan mudah dapat mengakses buku bacaan yang dibutuhkan. Kemudian dibentuk pula duta literasi yang berasal dari siswa SMKN 1 Painan sendiri.

Baca Juga:  Lakukan Kunjungan Kerja Perorangan, Darizal Basir Salurkan Bantuan Sembako

”Ke depan Program Literasi Sekolah dan Program Pustaka Digital tersebut akan terus dikembangkan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di SMKN 1 Painan. Pihak sekolah juga terus memotivasi para siswa untuk memanfaatkan Program Literasi Sekolah dan Program Pustaka Digital tersebut,” ujarnya. (yon)