Oknum PPWI Sawahlunto Tersandung Hukum, DPD Dukung Proses Hukum

26

Terkait kasus yang menimpa oknum DPC PPWI Sawahlunto berinisial ZZ dan temannya AM, Pengurus DPD PPWI Sumbar mengimbau seluruh pengurus PPWI kota setempat untuk tetap tenang dan melanjutkan program organisasi yang sedang berjalan.

“Mari kita dukung proses hukum yang disangkakan kepada oknum PPWI oleh kepolisian Polres Sawahlunto saat ini. Dan jangan lupa kawal terus agar proses hukum ini berjalan sesuai dengan peraturan undang -undang yang berlaku di negara kita,” sebut Ketua Bidang Organisasi DPD PPWI Sumbar, Rifnaldi, Rabu (12/05/2021).

Dikatakannya dalam kasus tindak pidana murni yang dilakukan kalangan masyarakat, PPWI selalu mengawal dan mendesak pihak penegak hukum untuk memproses secara adil. Hal yang sama ditegaskannya berlaku sama terhadap internal PPWI yang melakukan pelanggaran hukum.

“Terkait pemberitaan di beberapa media tentang Ketua PPWI Sawahlunto jadi tersangka Itu adalah oknum. PPWI tidak terkait sama sekali dengan kasus pidana murni yang dilakukan oleh anggota, meskipun pengurus inti atau seorang ketua. PPWI selalu mengimbau anggotanya untuk selalu taat dengan hukum,” tergas Rifnaldi yang akrab disapa pak Ce itu.

Sementara itu terkait dengan upaya perlindungan hukum bagi internal organisasi, Ketua DPD Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Sumbar Syafrizal secara terpisah menegaskan, hanya berkaitan dengan sengketa pemberitaan yang merupakan tugas dan fungsi profesi selaku jurnalis.

“Selama ini, PPWI hanya melakukan pembelaan apabila ada persoalan tulisan atau kebebasan berbicara, kebebasan menyampaikan informasi. Namun pelanggaran pidana murni, kita akan menyerahkan kepada koridor yang berlaku, dan tidak akan ada pembelaan,” jawab Syafrizal. (rel)

Previous articleAndre Rosiade Salurkan Sembako di Kampung Kalawi Kuranji
Next articleDibegal OTK, Uang dan Emas Juragan Kelontong Dibawa Kabur