Siaga Covid-19, Pemko Sawahlunto Tambah Tempat Karantina

Masih tingginya penyebaran virus Covid-19 di Sumbar membuat sejumlah daerah memperketat arus masuk dan keluar orang. Salah satunya di Kota Sawahlunto.

Pemerintah Kota Sawahlunto mengimbau agar warganya yang baru datang dari daerah zona merah dan hitam, melakukan tes swab dan isolasi mandiri sampai hasil tes swab tersebut keluar.

“Kebetulan saya pagi ini juga baru sampai di Sawahlunto. Saya pulang dari dinas luar di Jakarta. Makanya langsung kita ikut tes swab. Selesai swab ini, sampai nanti keluar hasil pemeriksaannya, maka saya melakukan isolasi mandiri di rumah,” kata Walikota Sawahlunto Deri Asta mencontohkan pada Rabu (16/09/2020).

Sementara itu, di Balaikota Sawahlunto, Wakil Walikota Zohirin Sayuti memimpin rapat koordinasi terkait penanganan Covid-19 di Sawahlunto. Dalam rapat tersebut membahas antara lain persiapan menambah tempat karantina dan menunda proses belajar mengajar tatap muka di sekolah.

“Kita memutuskan untuk mempersiapkan penambahan tempat karantina. Ini untuk bersiaga jika nanti terus terjadi pertambahan warga kita yang terkonfirmasi positif Covid. Tentu jika terus bertambah nanti kapasitas karantina saat ini di BDTBT Sungai Durian bisa tidak mencukupi. Makanya kita siagakan antara lain wisma PTBA dan mess Pemda untuk stand by menerima jika ada warga yang akan dikarantina lagi,” ujarnya. (rel)