Ada Wajah Baru!! Tiga Pejabat Utama Polres Sijunjung Dimutasi

20
ROTASI: Upacara sertijab yang dipimpin Kapolres Sijunjung, AKBP M Ikhwan Lazuardi, Selasa (2/8) di halaman Mapolres.(IST)

Gerbong rotasi dan mutasi bergulir di lingkungan Polres Sijunjung. Kali ini tiga jabatan utama diisi wajah baru. Sertijab dilakukan saat upacara di halaman Mapolres, Selasa (2/8). Tiga pejabat yang mengalami rotasi dan mutasi kali ini meliputi wakapolres, kabag ops, serta kasat lantas.

Ditetapkan berdasarkan telegram Kapolda Sumbar, Nomor; ST/541/KEP/2022, tanggal 12 Juli 2022. Waka Polres Sijunjung yang sebelumnya dijabat oleh Kompol Syahrul Chan mendapat promosi (pindah tugas) menjadi Kasubag Rennim Log Polda Sumbar.

Selanjutnya jabatan Waka Polres diisi oleh Kompol Dwi Yulianto, setelah sebelumnya menjabat sebagai Kabag Ops Polres Sijunjung. Posisi Kabag OPS kemudian diduduki oleh wajah baru, Kompol Nahri Syukra, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolsek Padang Utara.

Sementara Kasat Lantas Polres Sijunjung, Akp Bayful Yendri, pindah ke Ditlantas Polda Sumbar. Kemudian jabatan ini diisi oleh AKP Zamrinaldi yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolsek Pulaupunjung, Kabupaten Dharmasraya.

Kapolres Sijunjung, AKBP M. Ikhwan Lazuardi mengucapkan selamat bertugas kepada pejabat baru, dan mengucapkan terimakasih pada pejabat lama atas tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan. Betapa sejauh sudah cukup banyak pekerjaan berat dilaksanakan, hingga Polres Sijunjung (secara kinerja) mendapat apresiasi dari berbagai pihak.

“Selamat menjalankan tugas, sesuai peran dan tanggung jawab. Segeralah menyesuaikan diri di lingkungan yang baru, jadi pemimpin yang mengayomi,”seru Kapolres AKBP M. Ikhwan Lazuardi di hadapan segenap jajarannya.

Baca Juga:  Dikawal Ketat, Baru 1.270 Orang Calon PPPK Terdata

Lebih lanjut diungkapkan Kapolres, rotasi dan mutasi sesungguhnya adalah hal lumrah dalam sebuah organisasi, termasuk diantaranya pada tubuh Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Bertujuan sebagai ajang promosi karier, sekaligus sebagai ajang penyegaran secara kelembagaan. Maka momentum ini perlu dimaknai secara arif dan bijak, demi menciptakan tatanan lembaga yang lebih baik, profesional.

Seluruh personel, mulai dari pangkat terendah hingga diatasnya, sama-sama punya peluang karier. Sesuai prosedur, karier tersebut dapat dipromosikan melalui proses kaderisasi, salah-satunya rotasi dan mutasi.

Rotasi dan mutasi, bisa berlangsung di tingkat internal lembaga, serta tak jarang pula terjadi antar daerah, wilayah. Tergantung kebijakan pimpinan, kepangkatan, serta penilaian kinerja dan prestasi yang diberikan selama ini oleh personel itu sendiri.  Maka, seluruh anggota diharapkan menunjukan kinerjanya secara optimal.

Puncak acara ditandai dengan pemasangan tanda jabatan, kemudian penandatanganan SK jabatan oleh kapolres dan pejabat baru, serta berlanjut proaesi pemberian ucapan selamat. Dalam momentum ini juga dilaksanakan prosesi pemberian cindera mata oleh Kapolres, AKBP M. Ikhwan Lazuardi pada pejabat lama. (atn)