Polres Sijunjung Berikan SIM Gratis Warga yang Lahir 1 Juli

59
Kapolres Sijunjung, AKBP Andry Kurniawan. (Foto: Polres Sijunjung)

Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Sijunjung. Bagi masyarakat yang lahir pada tanggal 1 Juli, bisa mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) C secara gratis. Ini diberlakukan oleh Polres Sijunjung untuk memeriahkan HUT Bhayangkara yang jatuh setiap tanggal 1 Juli.

“Kita akan gratiskan SIM C untuk mereka yang lahir 1 Juli, tapi yang sudah memenuhi syarat dan ketentuan. Yang sudah 17 tahun lebih,” ungkap Kapolres Sijunjung, AKBP Andry Kurniawan didampingi Kasubbag Humas, Iptu Nasrul Nurdin, Minggu (7/6/2020).

Kapolres menjelaskan, pemberian SIM C gratis ini dilakukan di hari jadi Bhayangkara 1 Juli 2020, yang merupakan rangkaian perayaan HUT Bhayangkara dan merupakan hadiah dari Polres Sijunjung untuk warga yang berada di wilayah hukumnya. “Tapi syarat formal tetap harus dipenuhi, misalnya teori dan praktik berkendaraan. Kalau mereka belum bisa, nanti jadi masalah. Kita lakukan bimbingan untuk mereka. Jangan sampai belum bisa berkendaraan, terus punya SIM,” tutur Kapolres.

Kapolres menjelaskan, bagi warga yang ingin mendapatkan SIM C gratis karena lahir pada 1 Juli, bisa datang ke Mapolres Sijunjung dengan membawa KTP serta kelengkapan administrasi lainnya yang diperlukan.

Pemberian SIM C gratis ini, sambung Kapolres, agar masyarakat di Kabupaten Sijunjung bisa lebih patuh dan taat terhadap aturan dalam berkendara, salah satunya memiliki SIM.

“Kita ingin agar warga di Sijunjung taat aturan dalam berlalulintas. Bagi mereka yang belum bisa mengikuti program SIM gratis ini bisa buat sendiri di Polres Sijunjung sesuai prosedur dan tanpa calo. Jika para pemohon SIM bersungguh sungguh menjalankan tes dan mengikuti prosedur, maka dipastikan akan lulus tes,” pungkas Kapolres. (*)