Dekranasda Minta Masyarakat Beli Produk Lokal

6
PRODUK LOKAL: Aktivitas perdagangan di Pasar Sijunjung, Kecamatan Sijunjung.(IST)

Ketua Dekranasda Kabupaten Sijunjung, Ny Riri Benny Dwifa minta seluruh elemen masyarakat agar memprioritaskan membeli produk dalam daerah. Terutama produk kebutuhan harian rumahtangga, serta kebutuhan penting lainnya.

Hal ini ditegaskan Ny Riri Benny Dwifa demi mendukung komitmen Pemkab Sijunjung untuk percepatan pemulihan ekonomi daerah akibat pandemi Covid-19.  Sejauh ini perekonomian daerah cukup mendapat tekanan berat, berbagai sektor ekonomi nyaris bergerak stagnan, bahkan diantaranya terpaksa tutup. Maka perlu langkah-langkah konkret, strategis, dan terarah.

Salah satu upaya nyata yang perlu dilakukan, yakni dengan cara memprioritaskan membeli produk-produk lokal (dalam daerah). Terutama untuk kebutuhan harian rumah tangga, serta  kebutuhan penting lainnya. Dengan demikian akan tercipta siklus/mata rantai perputaran uang di dalam daerah.

“Tidak perlu bicara soal wacana, rencana ini dan itu (selangit)  untuk pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Cukup secara bersama-sama (serentak) berbelanja dalam daerah saja, akan membantu menopang ketahanan ekonomi daerah,” jelas Riri.


Khususnya kebutuhan harian rumah tangga, usahakan membelinya di dekat lingkungan sekitar tempat tinggal. Mulai dari beras sampai sayur mayur dan bahan dapur. Jangan disuplai lagi dari luar.

Terlebih saat ini telah ada aplikasi belanja online sistem COD, akhirnya masyarakat suka belanja via gadget ini yang produknya justru terkadang berasal dari luar daerah. Sementara produk lokal terabaikan hingga tidak laku terjual.  Ujung-ujungnya perputaran uang dari dalam daerah lepas ke luar.

“Memang ini kelihatannya sepele, namun sesungguhnya cukup memberikan pengaruh besar terhadap perputaran ekonomi daerah. Maka mulai sekarang mari saling bijak dan cermat,” tegas Ny Riri yang juga merupakan seorang pengusaha terkemuka.

Lebih lanjut disebutkan Ny Riri, seyogyanya Kabupaten Sijunjung memiliki banyak produk lokal, bila dimanfaatkan akan mampu menjawab berbagai macam kebutuhan. Bahkan untuk kebutuhan pangan, ketersediaan stok sampai surplus tiap tahun ya. Dutambah sektor perikanan, perkebunan, serta lain sebagainya. (atn)