PLN Dukung Pariwisata, Geopark Silokek Akan Semakin Benderang

25

PLN dukung pariwisata Kabupaten Sijunjung semakin benderang. Selasa (21/06) lalu, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Solok adakan pertemuan dengan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sijunjung Aprinaldi dan tim di Rest Area Geopark Silokek, membahas rencana penambahan suplai listrik ke lokasi tersebut.

Pertemuan ini sebagai tindaklanjut dari permintaan tertulis Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Dinas Pariwisata ke PLN UP3 Solok untuk penambahan penerangan di lokasi wisata tersebut. Disampaikan Aprinaldi, Geopark Silokek merupakan destinasi wisata unggulan dari Kabupaten Sijunjung dan pemerintah melalui Dinas Pariwisata menargetkan lokasi ini dapat terus berbenah dan meningkatkan kualitas.

Disampaikan Aprinaldi, ada beberapa wisata di Nagari Silokek yang menjadi destinasi unggulan, meliputi sungai silokek yang dijadikan lokasi arung jeram, tebing-tebing yang dijadikan area pantat tebing, beberapa goa di kawasan bawah tebing yang mengelilingi geopark, serta bebatuan yang sering dijadikan kawasan penelitian geologi.

‘’Untuk target pembenahan kawasan wisata, kita tak dapat pungkiri PLN memegang peranan penting. Kepada PLN, kami mohon dukungannya untuk memfasilitasi lampu jalan di seluruh lokasi wisata, kemudian lampu gerbang, dan penerangan di sekitar goa,’’ lanjut Aprinaldi.

Baca Juga:  Ambruk, Harga Sawit Rp 600 per Kg! Petani di Sijunjung Mulai Stres!

Nagari Silokek sebagai nagari yang berhasil menembus 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 ini pun tengah bersiap menyambut kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno ke Silokek pada akhir Juni 2022 ini.

Kepada Dinas Pariwisata Sijunjung, PLN pun menyampaikan akan segera melakukan pembangunan satu buah trafo berkapasitas 25 kVa sekaligus pemasangan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) Mandiri di 4 Lokasi Geopark Silokek.

Disampaikan Sigit Hari Wibowo, Manager UP3 Solok, dengan tambahan jaringan listrik ke lokasi wisata ini, suplai listrik dipastikan akan lebih cukup dan andal. ‘’Dengan tambahan jaringan berkapasitas 25 kVa ditambah jaringan eksisting, PLN dapat mendukung pembangunan dan fasilitas tambahan di kawasan wisata dalam jumlah besar,’’ lanjutnya, Rabu (22/06).

Disampaikan Sigit pula, PLN akan memfasilitasi pembenahan Geopark Silokek dengan penerangan maksimal dan diupayakan rampung sebelum kunjungan Menparekraf. ‘’PLN selalu berupaya mendukung pertumbuhan pariwisata dengan layanan kelistrikan terbaik,’’ sebutnya.(*)