PPID Sijunjung Ingin Berbenah, KI Ingatkan Komitmen Kepala Daerah

14

Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) Kabupaten Sijunjung berniat bergerak ke luar dari masa vakum. Geliat tersebut ditandai kegiatan studi banding ke beberapa instansi, salah satunya Komisi Informasi (KI) Sumbar.

Rombongan PPID dipimpin Kadis Kominfo selaku PPID Rizal Efendi neserta kabid serta staf PPID.

Dalam kunjungan ke KI Sumbar, PPID Sijunjung menggali isi perut praktik dan regulasi keterbukaan informasi.

“Sudah dua tahun kami tidak bergerak dalam hal keterbukaan informasi. Tahun ini, dengan semangat baru kami akan berbenah termasuk dalam pembenahan website untuk kebutuhan informasi publik,” ungkap Rizal Efendi.

Rizal optimistis dengan tenaga baru dan dukungan dari bupati dan wakil bupati yang baru, bisa terjadi lompatan dalam keterbukaan informasi publik (KIP), SPBE dan pelayanan publik.

“Kami belajar kembali. Hari ini kami datang ke KI Sumbar untuk berbagi soal keterbukaan informasi ini, termasuk evaluasi penilaian tahun 2020 lalu,” jelas Rizal.

Ketua KI Sumbar Nofal Wiska mengapresiasi semangat PPID Sijunjung. Dalam pertemuan yang juga dihadiri komisioner Tanti Endang Lestari, KI Sumbar membuka kunci-kunci dalam implementasi KIP.

“Yang paling penting terlebih dahulu dipahami bahwa keterbukaan informasi publik itu tergantung komitmen kepala daerah serta kolaborasi seluruh PPID Pembantu. Ini yang harus didudukkan dulu,” ingat Nofal Wiska.

Dalam pertemuan tersebut, dipaparkan hasil penilaian KI Sumbar dalam Monev 2020 lalu.

“Sijunjung akan bekerja keras untuk mengejar ketertinggalannya, mulai dari regulasi, SOP, penyusunan DIP, dan pelayanan informasi, dengan komposisi dan semangat ini, kami yakin Sijunjung bisa,” jelas Tanti Endang Lestari.

Pertemuan ini kemudian ditutup dengan penyerahan laporan layanan informasi 2020 Sijunjung ke KI Sumbar. (rel)

Previous articlePermudah Publik Kawal Penggunaan Dana Desa, Nurnas: Solusinya, SINar!
Next articlePemimpin BNI Bandung Borong Buku Trilogi The Power of Silaturahim