Nagari Muaro Pertahankan Tradisi Bakaua

ilustrasi bakaua adat. (net)

Masyarakat bersama pemangku adat Nagari Muaro, Kecamatan Sijunjung menggelar ritual adat bakaua. Kegiatan ini digelar di Bukit Kandangbaru. Puncak acara ditandai dengan makan bajamba dan dikukuhkan dengan pidato adat.

Tokoh adat Muaro, Bakri Dt.Majo Indo, menegaskan ritual bakaua (berkaul) adalah sebuah tradisi tahunan warisan leluhur di Nagari Muaro. Digelar bertepatan menjelang masuknya musim turun ke sawah, selanjutnya warga ke sawah secara serentak.

Bakaua itu sendiri, ulasnya, memiliki makna sebagai wujud syukur kepada Allah SWT, sekaligus memohon agar kemudian hasil panen kembali melimpah sesuai harapan. Begitupun situasi nagari, diharapkan dijauhkan dari segala petaka, dan bala bahaya. Ataupun berbagai bentuk kejadian yang dapat merugikan nagari, korong, dan kampuang.

Diijelaskannya, tradisi bakaua telah berlangsung sejak ratusan tahun silam, bahkan sejak awal Nagari Muaro sendiri mulai dihuni oleh para nenek moyang terdahulu. Wali Nagari Muaro, Hafizun menjelaskan, dalam prosesi bakaua diadakan hajatan makan bajamba, dilanjutkan pidato adat dan doa bersama. Hidangan yang disajikan dibawa lanngsung dari rumah oleh kaum bundo kanduang menggunakan dulang utusan seluruh suku.

Prosesi ini disebut membawa baban (menjujung dulang), lengkap berisi kue-kue dan penganan tradisional khas nagari. Untuk melegkapi kesakralan ritual adat bakaua, di lokasi acara juga digelar penyembelihan hewan ternak, dan membuat lemang.

Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin menyatakan apresiasinya atas masih lestarinya tradisi tahunan bakaua adat di Nagari Muaro tersebut. Seiring kian berkembangnya zaman dan teknologi. Namun soal adat dan budaya memang tetap harus dipertahankan. Sejalan dengan terpeliharanya warisan adat, budaya, segenap masyarakat diminta mengedepankan konsep pemikiran intelektual, beranalisa jauh ke depan, jangan monoton.

“Nagari Muaro adalah nagari strategis, sekali menjadi kawasan pusat ibu Kabupaten Sijunjung. Maka ke depan nagari ini harus lebih maju berkembang, kehidupan masyarakatnya menjadi lebih sejahtera lewat berbagai program pembangunan berdayaguna,” katanya. (atn)

Previous articleWarga Batangkabung Minta Pembangunan Irigasi
Next article29.880 Dosis Tambahan Vaksin Sinovac