Kunjungi Sumpur Kudus Sijunjung, Mulyadi Dihadiahi Batik Kumanis 

Calon Gubernur Sumbar Mulyadi mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung. Dari awal kedatangan Mulyadi di daerah tersebut, dukungan masyarakat terlihat jelas kepada Mulyadi.

Begitu juga saat Mulyadi menyapa masyarakat di titik terakhir tepatnya di Nagari Kumanis. Anggota DPR RI tiga periode tersebut begitu dielu-elukan oleh masyarakat yang datang dari berbagai kalangan.

Sebagai bentuk dukungan kepada Mulyadi yang disebut-sebut sebagai salah satu calon terkuat pada Pilgub Sumbar 2020 itu, masyarakat menghadiahi Mulyadi batik lokal dari Nagari Kumanis. Mereka menamakan Batik Kumanis, yang dikelola oleh ibu-ibu rumah tangga yang ada di Nagari Kumanis.

Batik Kumanis diserahkan langsung oleh Ketua Kelompok Batik Kumanis, Ririn Agustin. Dia menyebut, pemberian batik sebagai bentuk selamat datang dan terima kasih kepada Mulyadi yang telah berkunjung dan melihat kondisi masyarakat Nagari Kumanis.

“Terima kasih kepada Pak Mulyadi telah datang ke Nagari Kumanis. Kami berikan batik sebagai bentuk terima kasih sudah datang ke nagari kami. Semoga Pak Mulyadi bisa terpilih dan mendukung pengrajin batik kami agar terus berkembang,” ucap Ririn di Nagari Kumanis, Rabu (28/10/2020).

Baca Juga:  Usai Bertemu Zulhas, Ali Mukhni: Mualim Komit Pemerataan Pembangunan

Sementara itu, Mulyadi juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Nagari Kumanis telah menyambutnya dengan luar biasa. Dia mengatakan sambutan dan dukungan masyarakat semakin memotivasi dirinya untuk terus berjuang membangun Sumbar, termasuk Kabupaten Sijunjung.

Mantan pimpinan Komisi V DPR ini menyebut Batik Kumanis bisa dijadikan cenderamata bagi mereka yang datang ke Sumpur Kudus ataupun Sijunjung. Dia sangat mengapresiasi apa yang dilakukan para ibu pengrajin Batik Kumanis, sehingga mampu melihat peluang dan mengasah kemampuan agar membantu ekonomi keluarga.

Mulyadi mengatakan, kerajinan batik seperti Batik Kumanis merupakan bagian dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dia menyebut, UMKM harus terus didorong dan didukung demi meningkatkan ekonomi masyarakat.

Dia menilai motif yang dimiliki Batik Kumanis bagus dan akan menjadikan kenang-kenangan untuk selalu mengingat masyarakat Sumpur Kudus, khususnya Nagari Kumanis.

“Batik Kumanis ini termasuk UMKM yang perlu kita dukung. Kami ucapkan terima kasih kepada para pengrajin Batik Kumanis agar terus mengembangkan hasil karyanya. Kami simpan dan akan menjadi kenang-kenangan,” ucap Mulyadi. (idr)