Wali Nagari Jawi-Jawi Guguk Suguhi Mahasiswa KKN UBH dengan Cangkir Kanso

165

Wali Nagari Jawi-Jawi Guguk Suguhi Mahasiswa KKN UBH dengan Cangkir Kanso

Sebanyak 28 mahasiswa Universitas Bung Hatta (UBH) Padang melaksanakan kegiatan Kukiah Kerja Nyata (KKN) di Kenagarian Jawi-Jawi Guguk, Kabupaten Solok. Mereka didampingi dosen pendamping lapangan, Dr Yofiza Media.

Rombongan ini bertemu Wali Nagari Jawi-Jawi Guguk, Laswir Malin Putiah di Kantor Wali Nagari. Menurut Yofiza, Wali Nagari menempatkan peserta KKN di empat jorong, yakni Jorong Balai Oli, Jorong Pakan Jumat, Jorong Tangah Padang dan Jorong Padang Sinawa. Per jorong ditempatkan tujuh mahasiswa dengan program studi yang berbeda.

“Di setiap jorong, pak Wali Nagari telah menyiapkan dua rumah penduduk untuk penginapan,” imbuh Yofiza.

Dalam pertemuan dengan Wali Nagari itu, Yofiza dalam hantarannya menyampaikan tentang maksud dan tujuan dari kegiatan KKN PPM T Universitas Bung Hatta tahun 2022, dan para peserta juga mendapatkan pengarahan dari Wali Nagari Jawi-Jawi Guguk Laswir Malin Putiah selama mengadakan KKN di daerahnya.

“Ada sesuatu yang khas dalam jamuan tersebut, yakni setiap tamu yang berkunjung ke kantor Wali Nagari, disuguhi minuman dan makanan ringan dengan mengggunakan bahan dari kanso, cangkir atau gelas maupun piringnya berbahan kanso dan ini sesuatu yang berbeda dan sangat cocok pula dengan tema KKN Pengembangan potensi nagari menuju daerah wisata budaya, sehingga menjadi agenda nasional,” ujar Yofiza.

Disebutkan Yofiza, gelas kanso atau piring kanso tersebut terbuat dari plat seng berlapis enable, warnanya ada yang polos dan ada pula yang bermotif. Pada masa sekarang penggunaan alat ini sudah makin berkurang karena kemajuan zaman dan tergantikan dari yang berbahan plastik atau kaca atau minuman kemasan.

“Selama kegiatan KKN berlangsung, kami akan mempromosikan potensi-potensi yang ada di Kanagarian Jawi-Jawi, baik melaui media online,cetak maupun melalui sosial media” imbuh Yofiza.

Seperti diketahui, 1.279 mahasiswa UBH Padang melaksanakan KKN PPM (Tematik) di lima kabupaten di Sumatera Barat; yakni Pesisir Selatan, Solok, Padangpariaman, Agam, dan Tanahdatar, 3 Agustus sampai 3 September 2022.

Pemberangkatan peserta secara resmi dilepas oleh Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Tafdil Husni, MBA. dari Kampus II Universitas Bung Hatta, menggunakan 78 bus yang dibagi dua kloter; pagi dan siang.(*)