One Man One Hope PLN Sasar Masyarakat Kurang Mampu di Solok

Bantuan pasang baru gratis listrik melalui program One Man One Hope di salah satu rumah warga di Kabupaten Solok. (Foto: Humas PLN)

Setelah berhasil melistriki 184 kepala keluarga (KK) di tahun 2019 lalu, PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumbar kembali memberikan bantuan berupa pasang baru gratis kepada masyarakat melalui program One Man One Hope. Kali ini program tersebut menyasar masyarakat yang membutuhkan di Kabupaten Solok.

Mereka yang mendapatkan bantuan adalah masyarakat kurang mampu dan sangat membutuhkan listrik guna menunjang kegiatan sehari-hari. Selama ini, listrik sudah masuk di lingkungan tinggal mereka, namun karena keterbatasan biaya, warga belum berani mengajukan pasang baru listrik ke PLN.

Menindaklanjuti adanya kendala tersebut, Selasa (7/4), PLN bergerak cepat memberikan bantuan melalui program yang diinisiasi pegawai PLN. Program ini wadah pegawai yang secara sukarela memberikan bantuan untuk digunakan sebagai biaya pasang baru masyarakat yang kurang mampu.

Program bantuan One Man One Hope kali ini menyalurkan bantuan pasang baru gratis senilai Rp 23.504.000. Nilai tersebut dialokasikan kepada 32 KK. Mereka tersebar sebanyak 12 pelanggan di Kecamatan Junjung Sirih, 11 pelanggan di Kecamatan X Koto Diatas dan 9 pelanggan di Kecamatan X Koto Singkarak.

Salah satu warga Nagari Saniangbaka, Afrizal mengucapkan terima kasihnya kepada PLN yang telah memberikan sesuatu yang sudah lama diimpikannya.

“Kami di sini sangat bersyukur sekali PLN mau melirik kondisi kami yang serba dalam keterbatasan. Sudah lama kami ingin menikmati listrik seperti warga kebanyakan. Dan, doa kami terkabul dengan adanya bantuan dari para pegawai PLN ini. Semoga kebaikan ini dibalas kebaikan berlipat ganda dari Yang Maha Kuasa,” ungkap Afrizal.

Wali Nagari Saniangbaka, Kecamatan X Koto Singkarak Dasrizal mewakili masyarakat dan segenap pemerintahan kecamatan mengapresiasi PLN.

“Saya sangat berterima kasih kepada PLN yang telah menyumbang atau menggratiskan ongkos pasang baru kepada masyarakat kurang mampu. Semoga PLN tetap jaya dan diberikan kelancaran dalam semua programnya,” kata Dasrizal

Terpisah, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumbar Bambang Dwiyanto menyebutkan bahwa pihaknya masih akan menyasar masyarakat yang membutuhkan daya listrik namun terhalang keterbatasan ekonomi.

Menurutnya, selain sebagai perusahaan yang bergerak menyediakan tenaga listrik yang prima kepada masyarakat, PLN juga memilik tanggung jawab moral untuk menyediakan listrik ke seluruh pelosok negeri, dan seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Maka, inisiasi One Man One Hope ini menjembatani hal tersebut.

:Kita bisa saling bahu-membahu dalam berbagi kebaikan dengan sesama. Suatu kebahagiaan tersendiri bagi kita ketika bisa melakukan itu,” kata Bambang.

Program One Man One Hope sudah berjalan sejak tahun 2019. Bambang bertekad agar PLN Sumbar ke depan dapat terus konsisten dan aktif melakukan program ini sehingga dapat menyentuh masyarakat dalam cakupan lebih luas.(rel/esg)