Teruci Chaprendang Bantu Korban Bencana Nagari Air Dingin Kabupaten Solok

83

Komunitas Terios Rush Club Indonesia Chapter Regional Rumah Gadang (Teruci Chaprendang) Sumatera Barat, menyerahkan bantuan kepada masyarakat Nagari Air Dingin Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat yang terdampak bencana banjir bandang yang terjadi pada Sabtu (8/1/22).

Bantuan diserahkan langsung ke masyarakat bertempat di Posko Penanggulangan Bencana Nagari Air Dingin, Minggu (30/1), disaksikan Wali Nagari Air Dingin, Kepala Jorong Koto dan Kepala Jorong Nagari Data.

Kumendan Teruci Chaprendang Sumbar, Dedi Satria Asmon mengatakan, bantuan yang diberikan itu berasal dari donasi keluarga besar Teruci Chaprendang Sumbar dan Kasat Lantas Polres Solok Aro Suka.

“Bantuan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian keluarga besar Teruci Chaprendang terhadap masyarakat Air Dingin yang terdampak bencana. Ini salah satu program kerja pengurus Teruci Chaprendang, yaitu bakti sosial kepada masyarakat dan lingkungan,” ujar Dedi Satria didampingi dua wakil Kumendan Teruci Chaprendang Syaiful dan Jasnil Khaidir.

Dikatakannya, selain bantuan dari Teruci Chaprendang Sumbar, kegiatan komunitas ini juga mendapat dukungan dari Kasat Lantas Polres Solok Aro Suka, Iptu Feri Yuzaldi, SH, berupa donasi untuk pakaian sekolah anak SD.

Iptu Feri Yuzaldi mengatakan turut terpanggil dengan kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh Teruci Chaprendang Sumbar. Apalagi bencana itu terjadi di wilayah kerjanya. Spontan saja ia berpartisipasi berupa pakaian sekolah untuk anak SD.

Terpisah, Sekretaris Teruci Chaprendang Sumbar, Hendri Aji didampingi seksi sosial Radom Adaira dan Taswin mengatakan bantuan yang diberikan, sesuai dengan hasil survei kebutuhan masyarakat yang dilakukan oleh tim khusus Teruci Chaprendang, yaitu berupa peralatan rumah tangga dan pakaian anak sekolah.

Baca Juga:  Jalan Nagari Aripan Rusak Parah, Epyardi: Kewenangan Provinsi

Jenis bantuan yang diberikan berupa Magic com, selimut, pakaian anak sekolah untuk SD, baju kaos, dan untuk kebutuhan masjid diberikan kitab suci Al Quran, karpet untuk sholat serta berupa uang tunai untuk biaya perbaikan masjid.

Wali Nagari Air Dingin, H Heril Wandi, SPd.I mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Teruci Chaprendang Sumbar dan Kasat Lantas Polres Solok Aro Suka atas perhatian dan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana banjir bandang di Nagari Air Dingin.

“Waktu kedatangan rombongan memberikan bantuan sangat tepat, di saat masyarakat sedang menata kembali rumahnya, yang sebagai besar peralatan rumah tangganya banyak yang hancur tidak bisa dipakai lagi,” ungkapnya.

Menurut Wali Nagari, banjir bandang yang menerjang desanya itu terjadi pada hari Sabtu, 8 Januari 2022, sekitar pukul 17.00 wib. Banjir bandang itu terjadi akibat dari hujan lebat yang mengguyur wilayahnya sehingga mengakibatkan debit air cukup tinggi, terjadi longsor dan banjir bandang.

Dari hasil pendataan yang terkena banjir saat itu adalah 34 rumah dan satu masjid. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, tetapi isi rumah rusak berat semuanya,” sebut Heril Wandi.

Ditambahkannya sekitar 5 hektare ladang sebagai sumber nafkah milik 65 kepala keluarga rusak akibat banjir bandang tersebut. Kondisi ladang saat itu ada yang mau panen dan baru ditanam. (*)