Studi Tiru ke Payakumbuh, Pemkab Solsel Siapkan Pendirian MPP

9
Jajaran Pemkab Solsel saat melakukan studi tiru ke MPP Payakumbuh. (IST)

Guna meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) berkomitmen mempersiapkan pendirian Mal Pelayanan Publik (MPP).

“Kita dari Pemkab Solok Selatan berkomitmen mendirikan Mal Pelayanan Publik untuk meningkatkan layanan publik kepada masyarakat,” ungkap Pj. Sekkab Solsel Doni Rahmat Samulo, di sela-sela kunjungan studi tiru ke MPP Pemko Payakumbuh, Kamis (04/03/2021).

Tidak hanya MPP, Doni juga berpendapat agar Pelayanan Administrasi Terpadu di Kecamatan (PATEN) juga diperkuat dalam pelayanan publik kepada masyarakat, apalagi dengan geografis wilayah Solsel yang saling berjauhan satu dan lainnya, yang tentu berbeda kesulitannya dengan daerah kota.

MPP nanti menurutnya juga harus sejalan dan sinkron dengan penguatan pada layanan PATEN, agar masyarakat betul-betul terbantu dalam hal pengurusan berbagai layanan publik.

“Mudah-mudahan Tahun 2022 bisa terwujud di Solok Selatan. Apalagi ini untuk peningkatan pelayanan publik kepada masyarakat. Insya Allah, pimpinan pasti akan dukung,” kata Doni.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemko Payakumbuh Harmayunis didampingi Kabag Organisasi Yonrefli mengatakan bahwa di MPP Pemko Payakumbuh terdapat 197 jenis layanan.

“Proses nikah pun bisa dilaksanakan di MPP, dan langsung keluar buku nikah dan data kependudukan yang telah diperbarui oleh Disdukcapil. Termasuk Perpanjangan SIM, pelayanan pajak, BPJS, pertanahan, dan layanan lainnya juga sudah bisa diurus di MPP,” jelas Harmayunis.

Dia juga menyatakan bahwa jajaran DPMPTSP dan juga Bagian Organisasi Pemko Payakumbuh siap untuk membantu Solok Selatan dalam proses pendirian MPP ini. “Yang penting semangat dulu untuk mendirikannya. Kalaupun belum semua layanan dipusatkan di MPP, paling tidak dilakukan secara bertahap. Kita siap bantu,” ujarnya. (rel)

Previous articleDari Sumbar, Rezka dan Darizal Pimpin Deklarasi Tolak KLB Demokrat
Next articleKeterwakilan Barat dan Timur, Nama Salim Segaf dan Andi Amran Mencuat