Silaturahmi Lewat Safari Ramadhan, TSR Solsel Kunjungi Masjid dan Mushalla

21
KUNJUNGAN: Bupati Solsel, Khairunas beserta rombogan TSR Solsel di hari pertama kegiatan safari Ramadhan.

Sebanyak 24 masjid dan mushala di Kabupaten Solok Selatan (Solsel) bakal dikunjungi oleh Tim Safari Ramadhan (TSR) selama bulan suci Ramadhan 1443 H. Kunjungan ke 23 masjid dan satu mushala tersebut dilaksanakan selama 9 hari selama bulan Ramadhan.

Pada tahun 2022 ini, kegiatan safari Ramadhan sedikit berbeda lantaran pada tahun sebelumnya, TSR Kabupaten Solsel hanya mengunjungi 19 masjid saja dan tidak ada mushala, sedangkan tahun 2022 ada satu mushala yang dikunjungi.

“Jadi satu mushala yang akan dikunjungi pada kegiatan safari Ramadhan tahun ini adalah mushala Titipan Illahi yang berada di Balai Akad Balun, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh,” jelas Plt Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Solsel,” Zulhendra Wilson.

Dijelaskan, pelaksanaan kegiatan safari Ramadhan 1443 H dilakukan selama 9 hari yang dimulai dari tanggal 5 April sampai 28 April 2022. Ada tiga tim yang akan melaksanakan safari Ramadhan yakni tim 1 terdiri dari rombongan Bupati Solsel, tim 2 rombongan Wakil Bupati (Wabup), dan tim 3 rombongan Ketua DPRD Solsel.

“Tujuan kegiatan ini yaitu dalam rangka menguatkan silaturahmi antara pemerintah dengan rakyat, menyerap aspirasi masyarakat dan penyerahan bantuan pembangunan masjid atau mushala,” ungkapnya.

Baca Juga:  Produksi Ikan di Solsel Rendah, Baru Tercapai 4,5 Juta Ekor

Zulhendra mengungkapkan, pada kegiatan safari Ramadhan tersebut juga diserahkan bantuan kepada masjid dan mushala dengan total anggaran sebesar Rp 480 juta yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kabupaten Solsel.

Selain dari APBD, bantuan yang akan diserahkan untuk pembangunan masjid dan mushala juga berasal dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Solsel yang setiap tahunnya rutin diserahkan.

Lebih lanjut disampaikan, pada hari pertama pelaksanaan kegiatab safari Ramadhan, Bupati Solsel, Khairunas, mengunjungi Masjid Nurul Iman Jorong Simpang Tigo, Nagari Ranah Pantai Cermin, Kecamatan Sangir Batang Hari, sedangkan tim Wabup, Yulian Efi, mengunjungi Masjid Nurul Iman Sungai Duo, Nagari Kapau Alam Pauhduo, Kecamatan Pauh Duo.

“Sementara itu untuk rombongan Ketua DPRD Solsel, Zigo Rolanda, mereka mengunjungi Masjid Nurul Huda Sapan Karang Putih, Nagari Lubukgadang, Kecamatan Sangir,” ungkap Zulhendra.

Ditambahkan, masing-masing-masjid dan mushala dikunjungi TSR Kabupaten Solsel akan menerima bantuan pembangunan senilai Rp 20 juta dan Rp 50 juta dari TSR Provinsi Sumbar. “Jadi TSR Provinsi Sumbar juga akan mengunjungi 3 masjid di Kabupaten Solsel selama Ramadhan ini,” tukasnya. (tno)