Wakil Ketua DPRD Solsel Proaktif Uji Swab, Armen: Covid-19 Bukan Aib

Wakil Ketua DPRD Solok Selatan Armen Syahjohan. (Foto: Humaskab)

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok Selatan (Solsel) Armen Syahjohan proaktif menjalani tes swab, karena sebelumnya pernah kontak dengan keluarga dari seorang pasien yang telah dinyatakan positif Covid-19.

Dia juga mengimbau masyarakat yang pernah kontak dengannya melapor ke puskesmas terdekat, atau RSUD Solsel agar bisa diambil swab untuk diperiksa ke laboratorium.

Langkah proaktif itu dilakukan sebagai upaya cepat mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Saya menyarankan, bagi yang pernah kontak dengan saya diharapkan partisipasinya melakukan tes swab. Karena dalam dua atau tiga hari terakhir, saya juga ada kontak fisik dengan keluarga yang positif Covid-19 baru-baru ini di Solok Selatan,” ujarnya, Kamis (7/5/2020).

Armen mengungkapkan bahwa dirinya pada Rabu sore (6/5/2020) dengan sukarela telah menjalani pengambilan swab di Puskesmas Pakan Rabaa, di Balun.

Sampel swabnya akan diperiksa di Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas untuk membuktikan, apakah positif atau negatif terpapar Covid-19.

“Insya Allah kemarin sore sampel saya untuk uji swab telah diambil, dan sekarang menunggu hasilnya,” kata politisi Gerindra itu.

Armen berharap agar tindakannya itu dapat diikuti masyarakat lain. Apalagi ini akan membantu tim medis melakukan tracking atau penelusuran kontak secara cepat sebagai upaya memutus rantai penularan Covid-19.

Armen juga memberikan semangat kepada keluarga pasien yang telah terkonfirmasi positif Covid-19.

“Insya Allah penyakit ini bisa sembuh. Dari sekian banyak penderita, mayoritas bisa sembuh dari penyakit ini. Dan ini juga bukan aib. Tetapi ini wabah yang perlu kita hadapi bersama-sama,” katanya saat memberikan dukungan kepada keluarga pasien.(rel/esg)