Empat Penambang Emas Asal Jawa Tengah Tewas Tertimbun di Solsel

Empat dari enam penambang emas asal Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah, meninggal dunia akibat tertimbun galian tambang di Kimbahan, Nagari Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari, Solok Selatan (Solsel), Senin (11/1/2021) sekitar pukul 20.30.

“Dua orang penambang emas yang meninggal dunia sudah ditemukan dan sudah diberangkatkan ke Pati, Jawa Tengah, Selasa (12/1/2021) sore, yakni Sugito, 32,dan Yudi Purnano, 32,” jelas Kepala BPBD Solok Selatan, Richi Amran didampingi Kasi Kedaruratan, Romi Aprizal kepada Padang Ekspres, Rabu (13/1/2021).

Dia mengatakan, dua korban lainnya yang masih tertimbun longsor galian tambang yakni Miyanto, 51 dan Sulistiyono, 41. Hingga kini masih dalam pencarian di lubang tambang emas yang longsor tersebut.

Namun, curah hujan yang masih tinggi dan lubang tambang ditutupi genangan air membuat tim BPBD, TNI, Polri termasuk masyarakat belum bisa melakukan pencarian korban.

“Tim pencarian korban masih di lokasi, namun belum bisa melakukan pencarian korban yang masih tertimbun. Diperkirakan mencapai 15 meter tertutup material tanah dan batu,” ungkapnya.

Sedangkan dua penambang yang selamat dari maut, Rifan Saifudin, 28, dan Aji, 30. Mereka mengalami luka-luka gores di bagian wajah, tangan dan kaki.(tno)