Gandeng Kemenpan RB Tingkatkan Kinerja

28
PENGUATAN: Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan dan Evaluasi RV, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Wilayah I Kemenpan RB, Akhmad Hasmy hadir dalam penguatan SAKIP yang digelar Pemkab Solsel, Sabtu (11/2).(IST)

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) digandeng Pemkab Solsel dalam upaya meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan pemerintahan yang tertuang dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan dan Evaluasi RV, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Wilayah I Kemenpan RB, Akhmad Hasmy menyampaikan SAKIP sendiri bertujuan untuk memastikan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan pemerintahan dikaitkan dengan korelasi antara anggaran yang dihabiskan dengan tujuan yang ingin dicapai.

“Dengan demikian, SAKIP yang kemudian dilaporkan dalam LAKIP adalah keniscayaan dan menjadi instrumen dalam mengendalikan roda pemerintahan,” ujar Akhmad Hasmy, Sabtu (11/2).

Dijelaskannya, untuk SAKIP, instansi pemerintah perlu melakukan update atau memastikan bahwa seluruh dokumen penerapan SAKIP terutama dokumen perencanaan telah di-submit pada aplikasi esr.menpan.go.id. Ini sebagai tindak lanjut atas rekomendasi hasil evaluasi tahun sebelumnya, logical framework kinerja (penjenjangan kinerja) dan lainnya.

Katanya SAKIP juga mempunyai peran yang sangat strategis dalam upaya peningkatan penyelenggaraan pemerintahan.

“Yakni sebagai alat untuk memperbaiki kebijakan serta mendorong instansi pemerintah untuk melakukan inovasi serta mendesain program dan kegiatan dalam pencapaian tujuan,” paparnya.

Baca Juga:  Di Usia Keemasan Anak Perlu Perhatian dan Contoh Baik

Bupati Solok Selatan Khairunas mengharapkan agar kegiatan penguatan tersebut dapat langsung mendiagnosa berbagai persoalan SAKIP, sehingga didapatkan hasil yang lebih baik. Diagnosa menyeluruh ini sangat perlukan, tidak hanya untuk mengejar nilai SAKIP itu.

“Tetapi bagi kami yang mengemban amanah rakyat, hasil yang konkret, yakni peningkatan kesejahteraan masyarakat sebagai sebuah keharusan bagi kita semua,” ujarnya.

Bupati juga menginstruksikan OPD dan jajaran terkait untuk bekerja keras untuk mendapatkan nilai SAKIP yang lebih baik di tahun 2023 ini. SAKIP tambah bupati juga diperlukan untuk memastikan pemanfaatan anggaran dapat berdampak langsung kepada kesejahteraan masyarakat.

“Lewat SAKIP kita optimis pencapaian target efisiensi dan akuntabilitas dalam pemamfaatan anggaran,” jelasnya. (tno)