Seragam Sekolah Gratis Dibagikan

10
GRATIS: Bupati dan Wabup Solsel serahkan seragam gratis bagi murid baru di SDN 02 Pakanselasa, Sungaipagu.(ARDI/PADEK)

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mulai merealisasikan seragam gratis untuk murid Sekolah Dasar (SD). Ini bentuk dukungan terhadap kelangsungan pendidikan di daerah sesuai visi misi kepala daerah di bidang pendidikan.

“Hari ini seragam sekolah mulai kita realisasikan ke murid, tinggal komitmen sekolah dalam meningkatkan kualitas sekolah dan Sumber Daya Manusia (SDM) berkarakter dan berdaya saing,” ungkap Bupati Solok Selatan, Khairunas didampingi Wabup Yulian Efi saat menyerahkan seragam ke murid SDN 02 Pakan Selasa secara simbolis, Senin (12/7).

Dia tidak ingin mendengarkan ada pungutan di sekolah terkait seragam sekolah, sebab Pemerintah Kabupaten Solok Selatan telah menganggarkan di APBD 2021.  Hari ini diserahkan secara simbolis ke murid tingkat SD, kemudian nanti akan dilanjutkan di tingkat SMP di hari berikutnya.

Dia meminta sekolah harus betul-betul bisa tingkatkan SDM berdaya saing dan anak didik. Sebagai generasi masa depan harus memiliki karakter sebagai cikal bakal mengurus Kabupaten Solsel nantinya.


“Jadi harus berkualitas SDM-nya, jangan kalah kualitas dengan sekolah agama. Sekolah harus mampu memperbaiki karakter generasi sebagai cikal bakal daerah nantinya,” bebernya.

Dikatakannya, gaji diberikan pemerintah melalui sertifikasi sudah mensejahterakan, tentu saja pemerintah menuntut bagaimana sekolah ini bisa baik dari sebelumnya. “Ini yang kita harapkan dari sekolah di Solsel,” ucapnya.

Baca Juga:  Kekerasan Pada Anak Meningkat, Komisi VIII DPR RI Sosialisasikan RUU

Sementara, Kepala SDN 02 Pakan Selasa, Noprijon menjelaskan, baru di tahun ini  difokuskan oleh kepala daerah untuk membantu masyarakat terutama untuk ketersediaan seragam sekolah gratis. SDN 02 Pakan Selasa saat ini memiliki 184 Siswa, sedangkan murid baru 21 orang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 9 perempuan.

“Kita berterima kasih atas dukungan dan dorongan Bupati dan Wabup Solsel dalam penyediaan seragam bagi siswa Kami dan siswa sekolah lainnya di Solsel,” ucapnya.

Seperti pakaian olahraga dan seragam muslim belum tersedia di APBD Solsel, untuk penyediaan ini ada kewajiban sekolah menganggarkan melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Selain dana BOS, sekolah juga bekerjasama dengan Nagari Alam Pauh Duo untuk penyediaan seragam tersebut termasuk sepatu dan tas siswa.

“Kami bersinergi dengan Pemerintah Kenagarian Alam Pauh Duo dibawah pimpinan Zainal Abidin,” bebernya.

Wali Nagari Alam Pauh Duo, Zainal Abidin mengaku sudah ada koordinasi dengan pihak sekolah, hal ini untuk memajukan pendidikan dan meringankan beban orang tua murid. (tno)