Alsintan Bantu Tingkatkan Produksi

41
ALAT PERTANIAN: Dua anggota DPRD Sumbar Mario dan Nurfirman serahkan bantuan alat mesin pertanian kepada kelompok tani di Solsel.(ARDI/PADEK)

Dua anggota DPRD Sumatera Barat dari dapil IV, Nurfirman Wansyah dan Mario Syahjohan menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada 16 anggota kelompok tani (keltan) di Solok Selatan.

“Ada 11 unit alsintan yang kita serahkan hari ini, dan 5 hand prayer, mudahan saja dapat meringankan kegiatan pengolahan lahan pertanian bagi anggota keltan di Solsel,” kata Anggota DPRD Sumbar Nurfirman Wansyah, Kamis (12/8) di Aula Pertemuan Dinas Pertanian Solsel.

Dijelaskannya, dari 11 unit alsintan itu, terdiri dari handtraktor, multivator dan 5 unit hand frayer. Pihaknya terus berkomitmen dalam membantu kemudahan masyarakat dalam wadah keltan. Sehingga potensi pertanian dapat berjalan dengan baik dan sudah menggunakan jasa mesin untuk pengolahan di lapangan.

“Selain itu, ada lagi 14 unit mesin potong rumput yang akan kita serahkan ke anggota keltan, dan saat ini masih dalam proses tender,” tutur Ketua Fraksi PKS DPRD Sumbar itu.
Kemarin, katanya, juga menyerahkan alsintan kepada keltan di Kabupaten Solok dan hari ini di Solsel jumlahnya mencapai  30 unit.

Nurfirman berharap bagaimana petani bisa memanfaatkan alsintan dengan baik untuk meningkatkan produksi hasil pertanian. Karena mempermudah dalam pengolahan lahan. Baik sawah, lahan gurun atau ladang serta lainnya.

“Sarana atau jasa usaha unit alsintan bagi petani, bisa sewakan alat ini kepatani lainnya sebagai tambahan penghasilan anggota kelompok. Sisi ini harus dimaksimalkan dengan baik. Sejak saya menjadi anggota dewan, sudah mencapai 60 kelompok tani yang kita bantu peralatan mesin pertanian,” ujar mantan wabup Solsel itu

Anggota DPRD Provinsi Sumbar lainnya, Mario Syahjohan menambahkan, bantuan yang diserahkan ke anggota kelompok tani tidak hanya sekadar alsintan saja bagi keltan laki-laki saja. Akan tetapi kelompok wanita tani juga menjadi perhatian, sehingga tidak ada kesenjangan dalam pemerataan penyaluran bantuan tani kepada masyarakat yang berprestasi bertani.

“Kita juga bantu ternak ayam, kambing dan sapi. Pendistribusian melalui Dinas Pertanian di Kota Kabupaten di Sumbar,” jelas politisi Gerindra itu. (tno)