Jembatan Sungai Lingkitang Tuntas Dibangun

Jembatan Sungai Lingkitang di Lubuk Gadang Timur, Solsel dibangun dengan anggaran Rp 90 Juta.

Jembatan Sungai Lingkitang di Nagari Lubuk Gadang Timur, Kecamatan Sangir, Solok Selatan (Solsel), yang sempat roboh tuntas dibangun. Pembangunan jembatan itu menggunakan dana rutin Dinas Pekerjaan Umum Solsel Rp 90 juta.

“Sejak dibangun di zaman penjajahan, baru kali ini dapat anggaran APBD Solsel. Biasanya, setiap kali roboh, perbaikan dilakukan swadaya,” kata tokoh masyarakat Lubuk Gadang Timur, Salman, 51.

Jembatan tersebut berukuran 6×13 meter dan berlantai kayu. Ketahanannya hanya sekitar setahun. Namun kini telah dicor beton. Artinya, ribuan warga setempat sudah bisa menikmati akses jembatan yang bisa tahan lama.

“Sebelumnya, perbaikan jembatan ini mengandalkan sumbangan dari warga dan dibangun secara bersama-sama,” ujarnya.

Wali Nagari Lubuk Gadang Timur, Kasri membenarkan, hampir setiap tahunnya warga melakukan gotong royong untuk perbaikan jembatan. Bila jembatan itu rusak dan putus maka perekonomian warga juga ikut terputus. Karena jembatan itu merupakan akses satu-satunya untuk menuju Padang Aro.

“Dengan kondisi terkini sudah dibangun oleh pemerintah, tentu saja sekitar 3.000 warga di kawasan itu merasa terbantu,” tuturnya.

Terpisah, Plt Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman didampingi Kabid Bina Marga Dinas PUTRP Solsel Darmawan Effendi, mengakui kalau masyarakat telah lama berharap jembatan itu diperbaiki dan sekarang telah direalisasikan.

Begitu juga infrastruktur jalan di Lubuk Gadang Timur, yang sudah rusak parah rencananya tahun ini telah dianggarkan dan sudah masuk ke proses tender. Sayangnya terpaksa dibatalkan karena anggaran dialihkan untuk penanganan Covid-19.

“Rp 4,5 miliar untuk jalan kabupaten itu proses tendernya terpaksa dibatalkan dan anggarannya dialihkan. Harap warga memakluminya,” pungkasnya. (tno)