Door To Door Dapatkan Data Keluarga Valid

11
KUNJUNGAN: Kader Dasa Wisma PKK Nagari Pakanrabaa KPGD memvalidasi data keluarga secara door to door.

Tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Solok Selatan telah mulai melakukan pendataan keluarga yang dikelompokkan dalam dasa wisma di setiap jorong. Bahkan sudah dimulai input langsung ke dalam Aplikasi Dasa Wisma online.

”Alhamdulillah, kader dasa wisma PKK Nagari Pakanrabaa sudah langsung melakukan pendataan secara door to door ke rumah warga, guna mendapatkan data keluarga yang valid,” ungkap Ketua TP-PKK Solok Selatan, Erniati Khairunas, Senin (16/5).

Pengambilan sampel data dari rumah ke rumah yang sudah dilakukan kader dasa wisma berupa data KK, data rumah, data warga, data BPJS, data bansos, data pendidikan, data kelahiran dan data kematian. Kemudian data lansia, data pus, data wus, data posyandu, data KB, data kegiatan warga, data pendidikan, data PAUD, data pangan dan data sandang.

”Data tersebut juga sangat dibutuhkan saat penilaian Dasa Wisma Nagari Pakanrabaa oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Sumbar pada 18 Mei 2022,” terangnya.

Dia menjelaskan rekapitulasi data secara berjenjang mulai dari tingkat nagari, kecamatan hingga kabupaten bahkan sampai ke tingkat nasional.

Data tersebut langsung divalidasi melalui Aplikasi Dasa Wisma online Solok Selatan dan ini merupakan salah satu inovasi TP-PKK Solok Selatan untuk menciptakan data yang valid dan terverifikasi oleh kader dasa wisma PKK.

Baca Juga:  Warga Doa Bersama Usai Panen Serentak

“Kita juga berharap door to door yang dilakukan oleh kader dasa wisma PKK Nagari Pakanrabaa, juga dilakukan kader dasa wisma lainnya,” pintanya.

Sebab peran dasa wisma sangat penting dalam upaya pelaksanaan program-program kegiatan gerakan PKK di tingkat nagari. Yang nantinya akan berpengaruh pula pada kegiatan gerakan PKK di tingkat kecamatan dan kabupaten.

Nagari Pakanrabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) memiliki  8 jorong terdiri dari 69 kelompok dasa wisma. Sehingga data keluarga lebih terdokumentasikannya melalui kegiatan kader-kader dasa wisma.

“Termasuk rekapitulasi data juga digunakan untuk data dinding, dan sebagai bahan pengecekan bagi kita,” terangnya.

Anggota TP- PKK Kecamatan KPGD, Rudi Putra Chaniago, mengatakan, per 15 Mei 2022, progres pengumpulan data kedalam aplikasi dasa wisma online pada 69 kelompok dasawisma Nagari Pakanrabaa sudah mencapai 100 persen.

Hal ini dilakukan secara intensif dan pembinaan, sehingga capaian dan target didapatkan sebelum jangka waktu yang ditetapkan. “Alhamdulillah sudah 100 persen pengumpulan dan pengimputan data keluarga,” terangnya. (tno)