Sempat Viral, PT SEML Jamin Semburan Uap Putih tak Berbahaya

PT Supreme Energy Muarolaboh (SEML) di Kabupaten Solok Selatan (Solsel), menjamin bahwa semburan uap putih yang terlihat di SS2 antara sumur A dan F seperti video viral baru-baru ini tak berbahaya. Uap putih tersebut aman dan tidak beracun.

“Semburan uap itu tidak berbahaya, dan tidak beracun. Memang memiliki kadar belerang. Kondisi ini terjadi hanya sekali-sekali di lokasi proyek,” ungkap Site Support Manager PT Suprem Energy, Yulnofrin Napilus, saat jumpa pers di lokasi perusahaan panas bumi, Senin (22/02/2021).

Menurutnya semburan uap putih itu, terjadi ketika intensitas air yang ada di perut bumi dengan kedalaman sekitar 2-3 kilometer, memiliki tekanan yang melebihi ambang batas normal. Uap akan keluar di empat saluran pengaman yang mengeluarkan bunyi yang cukup bising.

“Uap itu keluar agar pipa asap aman, kemudian baru mulut sumur ditutup sehingga tekanan berkurang. Seperti di video viral itu, memang suaranya sangat keras,” terangnya.

Ia menegaskan, pihaknya belum mengetahui siapa penyebar video yang sempat viral. Kendati demikian, perusahaan tidak akan melaporkan pelaku ke polisi. “Kami minta pelaku tidak lagi mengulangi perbuatannya lagi. Kami minta tidak ada lagi yang menyebarkan video seperti ini lagi karena bisa membuat resah masyarakat,” tandasnya.

Di menyebutkan SEML merupakan objek vital negara dan tidak boleh terganggu. “Soal kegiatan yang kita lakukan di Supreme, semua sudah kita sosialisasikan kepada masyarakat. Termasuk soal larangan mendekat ke lokasi karena alasan keamanan dan keselamatan,” paparnya. (tno)