Solok Selatan Bakal Bangun Perpustakaan Senilai Rp 10,29 M! Cek Infonya!!!

177
PEMBANGUNAN: Lokasi pembangunan gedung perpustakaan representatif di Jorong Rimbo Tangah, Sangir.(ARDI/PADEK)

Perpustakaan representatif senilai Rp10,29 miliar segera dibangun di Kabupaten Solok Selatan, tepatnya di Jorong Rimbotangah, Nagaru Lubukgadang, Kecamatan Sangir.

Pelaksana Harian (Plh) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Solok Selatan, Defrianti menyebutkan, untuk tender pengawasan pembangunan gedung perpustakaan bertingkat tersebut sudah terkontrak Rp 249.355.950 dengan CV Inti Karya Tigamitra.

Namun pelaksanaan tender fisik bangunan senilai Rp 10,29 miliar ini sedang dalam proses di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ).

“Mudahan saja di akhir Juni 2022 ini sudah selesai proses tendernya, dan di Juli sudah terkontrak,” harap Plh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Solok Selatan, Defrianti.

Dia menjelaskan, saat ini tim Panitia Pelaksana Kegiatan (PPK) dan Kelompok Kerja (pokja) sedang klarifikasi dukungan ke Padang dan ke Medan terkait teknis pelaksanaan gedung perpustakaan representatif itu.

Untuk lokasi katanya sudah aman untuk pembangunan, ganti ruginya tidak ada permasalahan dan dalam waktu dekat pemilik bangunan akan pindah dilokasi rencana pembanguna  gedung perpustakaan representatif itu.

“Awalnya akan dibangun di pusat perkantoran di depan kantor Dinas Perpustakaan, namun akhirnya dipindah lokasinya di Jorong Rimbo Tangah. Hasil komunikasi kita dengan Bappenas, silakan dibangun di lokasi baru namun harus di wilayah satu perdesaan,” ujarnya.

Saat ini lanjut Defrianti, pihaknya sedang menunggu surat persetujuan pindah lokasi secara tertulis dari Bappenas. Sebab berdasarkan surat pemberitahuan Bappenas pelaksanaan tender harus sesuai dengan Rencana Kegiatan (RK) awal.

Baca Juga:  Gubernur Janjikan Perbaikan 3 Ruas Jalan Solok Selatan

“Kita pun sudah dua kali menyurati Bappenas dan menunggu persetujuan secara tertulis. Pemkab Solsel juga di-deadline waktu oleh Bappenas hingga 21 Juli 2022 kegiatan pembangunan gedung pustaka ini harus terkontrak,” terangnya.

Dia berharap mudahan saja segera terkontrak, setidaknya Agustus sudah dimulai kegiatan fisik di lapangan mengingat cuaca sudah mulai musim penghujan. Tentu saja perusahaan pemenang tender nantinya betul-betul yang memiliki perlengkapan, punya dana dan gesit dalam proses percepatan pembangunan.

Perpustakaan tersebut dibangun dua tingkat, dalam memotivasi menarik minat baca masyarakat, pelajar PAUD, TK, SD, SMP sederjat, SMA sederajat dan mahasiswa. “Gedung ini di dalamnya ada ruang pustaka, ruang baca, aula, ruangan pemutaran film, ruangan pertemuan dan taman,” paparnya.

Kelebihan gedung perpustakaan representatif ini memiliki ruangan baca leluasa dan ada taman bermain anak. Akses masuk ke perpustakaan baik dan bangunan dua tingkat.

Dijelaskannnya, dokumen lelang sudah disampaikan di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) pada Januari 2022. Petunjuk pusat Maret 2022 harus terkontrak, namun dengan ada perpindahan lokasi sehingga kegiatan tender ditunda sekarang menunggu pemenangnya.

”Semoga pembangunan proyek Perpustakaan Representatif ini tepat waktu dan terjaga kualitas bangunan dengan baik di lapangan,” harapnya. (tno)