Uji Swab 284 Warga Solsel, Dua Positif Korona

Sebanyak 284 orang warga Kabupaten Solok Selatan (Solsel) telah diuji swab dan hasilnya telah disampaikan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang pada 12 Mei lalu.

Dari jumlah tersebut, sebanyak dua orang dinyatakan positif Covid-19 dan 282 orang negatif.

Plt. Bupati Solok Selatan Abdul Rahman menjelaskan, 284 orang yang uji swab itu hasil pengembangan atau tracking kontak dari tiga orang warga Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) yang telah dinyatakan positif sebelumnya.

“Apresiasi kita berikan kepada masyarakat dan tenaga medis yang dengan kesadaran diri tinggi bersedia untuk diambil sampelnya. Serta paramedis di Solsel yang telah melakukan pengambilan sampel ratusan OTG (orang tanpa gejala) tersebut,” ujar Rahman di Padang Aro, Sabtu (23/5/2020).

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solsel tersebut juga menyampaikan apresiasinya kepada petugas di Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand dan Laboratorium Balai Veteriner Bukittinggi.

“Bahkan setahu saya, Kepala Laboratorium Pak Andani dan timnya  bekerja hingga dini hari setiap harinya. Dan, Laboratorium Unand termasuk Laboratorium dengan pemeriksaan swab terbanyak di Indonesia,” ungkapnya.

Apresiasi juga diberikannya kepada semua unsur yang telah membantu pemutusan rantai penyebaran Covid ini sesuai dengan peran masing-masing, baik TNI, Polri, legislatif, kejaksaan, OPD-OPD, unsur kecamatan, kenagarian, tokoh masyarakat, ulama, para relawan, dan unsur lainnya yang hingga saat ini terus melakukan upaya-upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 di lapangan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Solsel yang juga Juru Bicara Penanangan Covid Solsel, Novirman, mengatakan bahwa hingga saat ini total sudah dilakukan uji swab 308 orang, baik dari orang tanpa gejala (OTT), orang dalam pemantauan (ODP) maupun pasien dalam pengawasan (PDP).

“Dari 308 orang tersebut, 5 dinyatakan positif Covid-19 yang merupakan satu keluarga. Sedangkan 303 lainnya Alhamdulillah dinyatakan negatif,” jelasnya.

Pihaknya juga bersyukur, kelima orang yang sedang diisolasi di Badan Diklat PPSDM Sumbar di Padang (4 orang) serta di RSAM Bukittinggi (1 orang), semuanya dalam keadaan stabil.

“Mudah-mudahan hasil swabnya nanti negatif. Jika sudah 2 kali negatif, pasien baru diperbolehkan pulang,” katanya.

Hingga saat ini menurutnya terdapat 3 orang PDP yang sedang dirawat di ruangan Covid-19 RSUD Solsel, ODP 4 orang, dan notifikasi 319 orang.

“Kemarin ada enm orang PDP. Namun hari ini tinggal tiga PDP yang sedang dirawat di RSUD. Dua orang PDP sudah pulang dan menunggu hasil swabnya, dan 1 orang rawat jalan di rumahnya,” katanya dalam keterangan Humas Solsel.(rel/esg)