Operasional RS Pratama Lubuk Malako masih Menunggu Izin

17
Rumah Sakit Pratama di Lubuk Malako secepatnya akan dioperasionalkan setelah mendapatkan izin. (IST)

Rumah Sakit Pratama senilai Rp 42,5 miliar yang selesai dibangun pada Desember 2020 di Nagari Lubuk Malako, Kecamatan Sangir Jujuan, Kabupaten Solok Selatan (Solsel) siap beroperasi melayani kesehatan masyarakat. Namun pengoperasiannya masih menunggu izin operasional dari pihak terkait.

Guna melakukan pengecekan kesiapan rumah sakit tersebut, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Prop. Sumatera Barat, Pj. Sekretaris Daerah Kab. Solok Selatan, dan unsur terkait lainnya melakukan visitasi bersama pada Rabu (24/02/2021).

Dalam kunjungannya, Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Provinsi Sumbar Drg. Busril., MPH mengatakan Rumah Sakit Pratama tersebut sudah mendekati untuk bisa dioperasionalkan, karena standar-standar yang harus tersedia dalam, mulai dari layanan sampai kepada penunjang itu sudah terpenuhi.

“Jadi mudah-mudahan dalam waktu dekat, rumah sakit ini atas saran dan rekomendasi yang kita berikan dari propinsi, izin operasional yang menjadi kewenangan kabupaten nantinya bisa diselesaikan,” ujar Busril.


Sementara, Pj. Sekdakab Solsel Doni Rahmat Samulo mengatakan bahwa Pemkab Solsel komit untuk menyelesaikan segala sesuatunya terkait pengoperasional rumah sakit ini.

Baca Juga:  Harga Tinggi dan Stabil, Petani Solsel Beralih Tanam Jagung

“Syarat-syarat untuk terbitnya izin operasional tersebut sudah dipenuhi, dan tentu harus kita dorong untuk segera diselesaikan,” harapnya

Kadis Kesehatan Solsel Novirman menjelaskan bahwa rumah sakit tersebut merupakan program top down dari pusat yang diberikan untuk pembangunan fisik dan alat kesehatan. Dan sesuai perjanjian, selesai dibangun maka akan segera dioperasionalkan.

Tercatat 107 SDM, termasuk 1 orang spesialis, dan 8 orang dokter umum telah disiapkan. Termasuk tenaga labor, tenaga rontgen, dan kebutuhan tenaga lainnya. Sedangkan sebagai Pelaksana harian pejabatnya ditugaskan personil dari Dinkes dan juga RSUD. (rel)