Syamsurizaldi Resmi jadi Sekkab Solsel, Khairunas Minta Jaga Harmonisasi

78

Akademisi Fisip Universitas Andalas Dr. Syamsurizaldi resmi dilantik Bupati Khairunas sebagai Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Solok Selatan (Solsel) di Aula Sarantau Sasurambi, Kamis (26/8/2021).

Syamsurizaldi yang akrab dipanggil “Uncu” tersebut dilantik menggantikan Pj. Sekkab Doni Rahmat Samulo, yang kembali bertugas sebagai kepala biro di Pemprov Sumbar.

Kepada Sekkab yang baru dilantik, Bupati berpesan agar mampu berperan menjaga hubungan harmonis antara bupati dan wakil bupati yang telah terjalin selama ini.

“Bantu kami berdua (bupati dan wabup) untuk tetap harmonis dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan ini,” pinta Khairunas.

Dia juga berharap agar sekkab mampu membantu harmonisasi kepala daerah dengan unsur-unsur pemerintahan lainnya, termasuk dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Kehadiran Sekkab juga diharapkan dapat memberikan energi baru yang besar untuk menjalankan pemerintahan di Solsel.

Apalagi, Sekkab Syamsurizaldi adalah sosok yang sudah lama berperan dan turut berkontribusi dalam kemajuan Solok Selatan selama ini.

Tak ingin berlama-lama, dia langsung menginstruksikan sekkab untuk berkoordinasi dengan bupati dan wabup esok untuk mendiskusikan terkait belum adanya pejabat definitif pada berbagai OPD.

“Beliau bukanlah orang baru, dan telah mengetahui seluk beluk di kabupaten ini. Saat ini ada beberapa OPD yang berstatus pelaksana tugas (plt). Bantu kami memikirkan agar secepatnya kepalaOPD tersebut definitif,” ingatnya.

Sekkab juga diminta membantu mengkoordinir OPD-OPD dalam menyukseskan berbagai rencana mewujudkan visi dan misi yang nantinya tertuang dalam RPJMD 2021-2026.

Dalam kesempatan tersebut, bupati menyampaikan pula ucapan  terimakasihnya atas pengabdian Pj Sekkab Doni Rahmat Samulo di Solsel. Diharapkannya dapat terus membantu memperjuangkan Solsel di tingkat provinsi.

Syamsurizaldi dilantik menjadi sekkab setelah melalui berbagai tahapan yang dilakukan Tim Panitia Seleksi Daerah (Panselda) dan mengacu UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.

Pengangkatan tersebut berdasarkan rekomendasi dan Persetujuan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Nomor  B2684/KASN/08/2021 tertanggal 9 Agustus 2021 yang ditandatangani Ketua KASN Agus Pramusinto.

Kemudian Persetujuan Mendagri tentang Pengangkatan dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kab. Solok Selatan Nomor  821/4550/SJ tertanggal 23 Agustus 2021 yang ditindaklanjuti Gubernur Sumbar melalui Surat BKD No. 821/5746/IV/BKD-2021, serta SK Bupati Solsel No. 800.246-2021, tentang Pengangkatan dan Pelantikan Pejabat Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Pemkab Solok Selatan.(ard)