Banyak Agenda Pjs Bupati Solsel, Jasman: Saya Mulai dengan Bismillah

53

Jasman Rizal adalah sosok penting di penanganan Covid-19 di Sumbar. Bahkan di laman google tentang covid, nama Jasman selalu berada di laman pertama mesin pencari berita.

Wajar, Jasman adalah Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar yang juga Kepala Dinas Kominfo Sumbar. Dua hari lalu Jasman ditugaskan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menjadi Pjs Bupati Solok Selatan.

“Selaku ASN tentu sumpahnya siap bekerja di mana saja ditugaskan oleh pimpinan,” ujar jebolan APDN Bukittinggi dan Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) Jakarta kepada wartawan di Padang.

Minggu (27/9/2020) ini Jasman sudah mulai melakoni tugas sebagai Pjs Bupati Solok Selatan. Seungguk agenda pun menanti ‘Mak Pati’ (sebutan keren Jasman selaku admin WhatsApp Group TOP100).

“Bismillah, hari ini saya memulai tugas sebagai pejabat sementara Bupati Solok Selatan. Tadi dua jam bertemu tokoh masyarakat Solok Selatan Rajo Bagindo Balun di Istano Rajo Balun,” tutur Jasman kepada wartawan via pesan WhatsApp, Minggu siang.

Malam hari ini pula katanya Pjs Bupati dijadwalkan menggelar pertemuan terbatas dengan TAPD dan SKPD tertentu membahas penanganan Covid-19, penggunaan DID, KUA/PPAS 2021 didahului makan malam di rumah bupati.

Baca Juga:  Nagari Padang Air Dingin Sediakan 8.000 Ha Untuk Dikelola Nasrul Abit

“Besok sebagai langkah memulai penugasan, dijadwalkan bertemu Forkompida Solok Selatan dengan mematuhi protokol kesehatan, dilanjutkan bertemu OPD se Solok Selatan di Aula Kantor Bupati,” kata Jasman.

Prinsip sebagai Pjs Bupati konsekuensi Pilkada 2020 adalah menyukseskan dua agenda pemilihan pemimpin di Solok Selatan.

“Memastikan pelayanan berjalan sesuai fungsi pemerintah, lalu tentu sukseskan Pilkada Bupati dan Pilkada Gubernur di Solok Selatan, termasuk menegakkan aturan main soal netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam setiap pesta demokrasi. Ada ASN tidak netral dengan segala hormat saya minta Bawaslu untuk memproses dan memutuskannya dan kami tidak ada toleransi untuk ketidaknetralan ASN dalam Pilkadaa,” tegasnya.

Sehingga itu kata Jasman, Senin sore pihaknya menggelar pertemuan tertutup dengan KPU dan Bawaslu Solok Selatan.

“Selasa malam pertemuan dengan seluruh Paslon Pilkada Solok Selatan untuk melahirkan komitmen bersama Pilkada aman damai dan nyaman di Solok Selatan. Namun sebelumnya sambil makan siang akan ada pertemuan dengan camat dan walinagari se Kabupaten Solok Selatan,” ujarnya. (rel)