Riksa Hewan Kurban, Dinas Pertanian Solsel Turunkan Paramedis

Dinas Pertanian Solsel mengerahkan dua tenaga medis, 14 paramedis dan inseminator, serta mahasiswa Kedokteran Hewan Universitas Syahkuala untuk memeriksa hewan kurban.

Pemkab Solsel via Dinas Pertanian menerjunkan petugas pemeriksaan hewan kurban. Mereka terdiri atas dua orang tenaga medis, 14 orang paramedis dan inseminator, serta mahasiswa Kedokteran Hewan Universitas Syahkuala sebanyak 5 orang.

“Para petugas tersebut membantu melayani pemeriksaan kesehatan hewan di tempat penampungan dan pemotongan, dengan tujuan agar pemotongan hewan kurban sesuai dengan standar kesehatan dan kesejahteraan hewan,” ujar Plt Kadis Pertanian Del Irwan.

Sebelumnya telah dilakukan kegiatan melepas petugas medis dan paramedis ini, Senin (27/7/2020) di Muara Labuh Kecamatan Sungai Pagu oleh Asisten Perekonomian & Pembangunan Putra Nusa, Plt Kadis Pertanian Del Irwan, Camat Sungai Pagu Rolli Almar, Kepala Kantor Urusan Agama Sungai Pagu Hafiz Aulia Rahman, dan sejumlah unsur terkait.

Selanjutnya petugas juga akan memastikan apakah hewan kurban dan daging yang akan dibagikan, sudah layak untuk dikonsumsi atau tidak, serta menghindari adanya berbagai penyakit pada hewan.

“Pemeriksaan kesehatan hewan dan juga daging kurban sangat penting untuk mengantisipasi berbagai penyakit seperti cacing pita, antrax, penyakit mulut dan kuku, dan penyakit lainnya, ” ujar Del Irwan, didampingi Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Arius Mora, serta Kasi Kesehatan Hewan drh. Syerlly Oktarini.

Del Irwan mengakui bahwa dari segi jumlah petugas Dinas Pertanian yang dikerahkan memang belum memadai untuk melakukan pemeriksaan di seluruh mesjid. Namun dengan keterbatasan tersebut, ia yakin para petugas akan tetap memberikan pelayanan yang maksimal.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Putra Nusa mendorong agar kegiatan pemeriksaan hewan kurban terus diadakan setiap tahunnya menjelang hari raya kurban. (*/hsn)