Tanahdatar Tuan Rumah Iven TROI Series 5

6
PERSIAPAN: Evaluasi kegiatan Pelatihan dan Pemanduan Paralayang, Selasa (4/1) di aula Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga.(IST)

Untuk mengembangkan potensi olahraga wisata yang menjadi daya tarek tersendiri untuk pariwisata,  Tanahdatar bakalan menjadi tuan rumah paralayang. Untuk menggelar iven tersebut, banyak hal yang mesti dipersiapkan.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Tanahdatar Abdul Hakim menyampaikan, paralayang merupakan salah satu Sport Tourism potensial yang sedang dikembangkan di Tanahdatar untuk saat ini.

“Daerah kita mempunyai lokasi dan daerah sangat mendukung olahraga paralayang, seperti di Batipuh Selatan dan di Salimpaung yang sudah dilaksanakan beberapa iven. Ini tentunya berdampak pada peningkatan kunjungan dan perekonomian masyarakat sekitar,” katanya.

Namun saat ini, tambah Abdul Hakim, memang sarana dan prasarana pendukung serta kelengkapan olahraga masih kurang sehingga diperlukan peningkatan dan perbaikan.

“Saat ini tercatat 20 orang calon atlet paralayang yang siap memajukan dan mengembangkan paralayang. Untuk memenuhi kebutuhan, Pemerintah daerah bersama pemerintah nagari dan juga KONI berkoordinasi untuk bisa membantu ketersediaan sarana salah satunya parasut untuk atlet,” ungkapnya.

Ketua Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Tanahdatar Herman Sugiarto menyampaikan  terima kasih atas dukungan dan motivasi Bupati Eka Putra kepada olahraga Paralayang.

“Iven TROI yang akan dilaksanakan di Tanahdatar ini memang menjadi amanah dan kebanggaan bagi kita semua, karena dari seluruh provinsi di Indonesia yang menyatakan siap melaksanakan iven ini, Tanahdatar yang dipercaya dan ditunjuk, karena itu atas dukungan pak Bupati dan jajaran saya ucapkan terima kasih,” katanya.

Baca Juga:  Ekonomi Nagari Andaleh Baruh Bukik Menggeliat

Sementara itu, Bupati Tanahdatar Eka Putra menekankan dalam menggelar sebuah iven, terutama iven yang berhubungan dengan pariwisata, seluruh elemen terkait sampai masyarakat harus bersikap ramah dan penuh senyum melayani wisatawan dan pengunjung iven tersebut.

“Dengan bersikap ramah dan penuh senyum tentu saja memberikan kesan mendalam bagi pengunjung ke daerah kita, sehingga mereka suatu saat nanti ingin kembali lagi, dengan begitu secara tersendiri pariwisata meningkat,” kata Eka Putra saat evaluasi kegiatan Pelatihan dan Pemanduan Paralayang, Selasa (4/1) di aula Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga.

Terkait rencana Tanahdatar bakal menjadi tuan rumah menggelar iven Paralayang Tingkat Nasional bernama Trip Of Indonesia (TROI) Series 5 th di bulan Juli mendatang, Eka Putra berharap dukungan semua pihak, karena amanah sebagai tuan rumah tidak hanya membawa nama Tanahdatar, tapi juga Sumatera Barat.

“Agar iven ini bisa terlaksana, pencapaian vaksinasi di Tanahdatar dan khususnya di lokasi perlombaan harus sesuai target. Ini menjadi tugas kita semua untuk mengimbau kepada masyarakat agar vaksin bagi yang belum,” kata Eka.

Juga kepada atlet dan calon paralayang, tambah Eka, diharapkan meningkatkan kemampuannya dalam waktu tersisa sebelum iven dilaksanakan. “Tentunya, dalam iven nasional paralayang ini diharapkan juga atlet kita bisa berprestasi dan harumkan nama Tanahdatar,” tukasnya. (stg)