Perkuat Literasi, Gandeng IGPPL

9
DUKUNG PENUH: Kepala Disdikbud Tanahdatar Riswandi bersama Pemred Padang Ekspres Rommi Delfiano dan jajaran.(ZULKARNAINI/PADEK)

Sukses memotivasi para guru-guru dalam meningkatkan literasi di Limapuluh Kota dan Payakumbuh, giliran guru-guru di Kabupaten Tanahdatar untuk unjuk taring dalam pengembangan literasi bersama Laman Guru Tanahdatar dalam waktu dekat ini.

Itu tergambar dari dukungan penuh yang ditunjukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanahdatar saat pertemuan dengan crew laman guru Padang Ekspres. Bahkan dalam pengembangan literasi, para guru nantinya juga akan melibatkan Ikatan Guru Penulis Penggerak Literasi (IGGPL) Tanahdatar.

“Bagi para guru, ini justru ada kredit poinnya. Karena itu, kami sangat mendukung penuh kerja sama untuk peningkatan literasi para guru ini,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanahdatar, Riswandi saat berdiskusi dengan tim Laman Guru Padang Ekspres di ruang kerjanya, Jumat (3/6).

Bagi Kabupaten Tanahdatar, literasi di kalangan guru sebenarnya bukan lah hal yang asing lagi. Buktinya salah seorang tokoh di Luak Nan Tuo juga pernah menerima penghargaan sebagai Tokoh Penggerak Literasi Nasional 2019 dari Media Guru Indonesia (MGI) yang diserahkan di Aula Balai Pertemuan Pemprov DKI.

Di mana dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tersebut, MGI juga mengadakan temu nasional Guru Penulis 2019 sekaligus pemberian penghargaan kepada tokoh atas pertimbangan dukungan dan kontribusi yang telah diberikan dalam memajukan gerakan literasi selama ini.

Ini sebagai bentuk apresiasi MGI kepada daerah yang punya perhatian terhadap guru-guru penulis dan untuk memberikan dukungan moril serta pemberian penghargaan kepada guru penulis di Tanahdatar yang juga sebagai wujud kepedulian memajukan literasi.

“Saat ini, kita sudah melahirkan ratusan judul buku, karya guru penulis dan 3 siswa penulis dengan 6 buah karya.

Untuk lebih majunya guru-guru penulis, kita perlu memberikan motivasi salah satunya melalui wadah ini (laman guru Padang Ekspres). Dan IGGPL Tanahdatar juga sudah memiliki ratusan guru penulis,” kata Riswandi.

Dia juga tidak menampik jika selama ini para guru yang ada di Luak Nan Tuo sedikit kesulitan mencari wadah-wadah kreativitas terbaik, termasuk media masa untuk menampung karya para guru.

Untuk itu, dengan adanya kerja sama dengan Lama Guru Padang Ekspres, pihaknya berharap ke depan akan lahir lebih banyak lagi penulis andal dari kalangan guru di Tanahdatar. Di mana, ilmu yang didapatkan para guru ini nantinya bisa ditularkan kepada guru-guru lainnya bahkan juga kepada para siswanya.

Baca Juga:  Bajak Gratis

Tidak hanya itu, tapi juga memiliki kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Ini karena literasi yang baik dapat mengasah kemampuan untuk menjadi beripikir secara kritis, kreatif, inovatif serta menumbuhkan budi pekerti siswa. Keterampilan berliterasi juga dapat mendorong para guru untuk bisa memahami informasi secara reflektif, analitis dan kritis.

Karena pada prinsipnya, literasi dapat membantu orang berpikir secara kritis, dengan tidak mudah terlalu cepat bereaksi. Membantu meningkatkan pengetahuan dengan cara membaca. Membantu menumbuhkan serta mengembangkan nilai budi pekerti yang baik dalam diri seseorang.

“Karena itu, kami dari Padang Ekspres, sengaja membuka laman guru. Ini juga untuk menjawab pertanyaan para guru-guru yang setiap kali berkunjung ke redaksi selalu berharap tulisannya dapat dimuat,” kata Pemred Padang Ekspres, Rommi Delfiano diamini Manager Pemasaran Dicky Junaidi, Project Officer Laman Guru Zulkarnaini.

Sebelumnya, dukungan penuh untuk membuka Laman Guru Tanahdatar juga mengalir dari Bupati Tanahdatar, Eka Putra. Bahkan, orang nomor satu di Luak Nan Tuo ini terlihat bersemangat untuk mendorong peningkatan literasi di daerah yang dipimpinnya.

Karena literasi sangat bermanfaat untuk menambah perbendaharaan kata “kosa kata” seseorang, mengoptimalkan kinerja otak karena sering digunakan untuk kegiatan membaca dan menulis, mendapat berbagai wawasan dan informasi baru, kemampuan interpersonal seseorang akan semakin baik, kemampuan memahami makan suatu informasi akan semakin meningkat.

Lalu meningkatkan kemampuan verbal seseorang, meningkatkan kemampuan analisis dan berpikir seseorang, membantu meningkatkan daya fokus dan kemampuan konsentrasi seseorang serta meningkatkan kemampuan seseorang dalam merangkai kata yang bermakna dan menulis.

“Karena itu, kita mendukung laman guru ini. Karena bagaimana anak bangsa akan cerdas kalau gurunya tidak memiliki literasi yang cakap,” kata Eka Putra. (zul)