Pemnag Simabur, Minta Usulan Program Prioritas Dikabulkan

11
SAMPAIKAN HARAPAN: Wali Nagari Simabur, Zulbahri meminta tim Kabupaten Tanahdatar untuk memperjuangkan program prioritas yang diusulkan nagari.(IST)

Wali Nagari Simabur, Kecamatan Pariangan, Zulbahri meminta tim Kabupaten Tanahdatar untuk memperjuangkan program prioritas. Program ini diusulkan nagarinya karena ini menyangkut kepentingan masyarakat. Apalagi banyak usulan dari nagari yang belum bisa direalisasikan tahun sebelumnya.

Hal itu disampaikan Zulbari di hadapan tim Kabupaten Tanahdatar yang juga dihadiri Kepala Dinas Pertanian Yulfiardi bersama OPD lainnya, Camat Pariangan bersama anggota Forkompinca dan wali nagari se-Kecamatan Pariangan.

Dia juga menyampaikan permintaan maaf karena banyak usulan yang disampaikan belum bisa direalisasikan pada tahun ini akibat peralihan dana penangangan dan penanggulan Covid -19.

“Kita akan mengusulkan kembali berapa ruas jalan yang perlu diperbaiki. Di antaranya perbaikan saluran limbah dari Puskesmas Simabur ke Nagari Batubasa. Termasuk berapa ruas pengaspalan jalan yang kita inginkan seperti pengaspalan jalan dari TK ke Tanjunglimau, pengaspalan Jalan Tanjunglimau-Kotobaru, pengaspalan jalan dari Tanjunglimau-Kototuo,” katanya.

Lalu usulan pengaspalan jalan dari Tabek-Tanjunglimau, pengaspalan jalan Simpang Tanahlapang ke Pasar Simabur, pengaspalan jalan dari SMAN 1 Pariangan ke Pasar Simabur, pengaspalan jalan dari Masjid Makmur ke Pasar Simabur. Sehingga akan memperlancar transporasi masyarakat apalagi Nagari Simabur juga merupakan pusat Pemerintahan Kecamatan Pariangan.

Baca Juga:  Warga Jorong Mawar Usulkan Pemekaran Nagari

Di samping itu, fokus pembangunan Nagari Simabur juga ingin membuka akses nagarinya ke nagari tetangga. Seperti Jalan Simabur ke Pitalah, cor dam bahu jalan dari Simabur ke Galogadang. Kemudian untuk mendukung hasil pertanian masyarkat mereka juga memprioritaskan irigasi Bandapulai, irigasi Bandarjambu, irigasi Bandarujung Tanjung, irigasi Bandarpatai, Tanjunglimau, irigasi Bandarujung Tanjung, irigasin Bandar Lubukbatang SD N 25 dan pembangunan dan rehabilitasi Pasar Simabur.

“Kita minta pengadaan bibit tanaman dan sekaligus meminta kepada anggota DPRD Tanahdatar ikut memperjuang aspirasi masyarakat,” ujarnya dengan penuh harap. Apalagi tahun ini, Nagari Simabur tidak memiliki perwakilannya di DPRD Tanahdatar.

Kepala Dinas Pertanian Tanahdatar Yulfiardi menyebutkan, terkait dengan adanya usulan dari pemerintah nagari dan tahapan itu, telah dilakukan dimulai dari proses perencanaan yang terangkum dalam hasil musyararah nagari yang merupakan program prioritas.

“Jika ada dana yang berasal dari dana alokasi khusus baik dari pusat maupun tingkat provinsi bahkan bisa melalui dana pokir anggota DPRD Sumbar,” katanya.
Jika ada permintaan itu, akan mudah menyalurkannya kepada kelompok tani yang ada di Nagari Simabur. (mal)