Antusias Vaksinasi, Ribuan Warga Datangi Kantor Wali Nagari

22

Buah dari intensitas sosialisasi dari perangkat nagari tentang pentingnya vaksinasi Covid-19, ribuan masyarakat di Kenagarian Panyalaian Kecamatan X Koto Tanahdatar kembali berdatangan ke gerai vaksin presisi yang diselenggarakan di kantor wali nagari setempat, Selasa (13/7/2021).

Kegiatan keduakalinya di kantor nagari tersebut, lebih kurang 800 orang hanya bisa didata karena keterbatasan dosis vaksin pada saat itu yang hanya tersedia sebanyak 260 dosis. Hal yang sama juga terjadi pada kegiatan pertama pada 5 Juli lalu, antusias masyarakat hanya bisa diakomodir dengan ketersediaan 234 dosis.

Wali Nagari Panyalaian, Roni Dt Panduko Sirajo mengatakan kegiatan tersebut merupakan untuk kedua kalinya digelar dengan antusias masyarakat sangat tinggi. Namun karena keterbatasan stok yang didapatkan, banyak dari masyarakat harus menunggu hingga jadwal berikutnya.

“Baik di kegiatan pertama lalu dan kali ini, kita hanya bisa membuatkan daftar tunggu bari masyarakat karena stok vaksin tidak mencukupi. Kondisi ini sudah kita sampaikan ke Pemkab Tanahdatar, yang kondisinya saat ini juga diketahui tengah menunggu pasokan vaksin dari provinsi,” beber Roni.

Baca Juga:  Revitalisasi Lapangan Cindua Mato Disorot 

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Tanahdatar, Yesrita membenarkan kondisi ketersediaan dosis vaksin sudah kosong dan tengah menunggu pasokan tambahan dari provinsi. Kegiatan vaksinasi yang berlangsung di sejumlah nagari di lingkungan kabupaten tersebut, dikatakan hanya memanfaatkan sisa ketersediaan yang terdapat di beberapa puskesmas.

“Saat ini kondisi stok vaksin yang terdapat di Kabupaten Tanahdatar telah kosong beberapa waktu belakangan. Hanya menyisakan di sejumlah puskesmas, kita mengarahkan untuk dimanfaatkan sampai ada pasokan dari provinsi. Informasi sementara, supply vaksin dari pusat ke provinsi akan sampai hari ini, dan besok akan kita jemput langsung untuk bisa didistribusikan ke puskesman di nagari-nagari,” jawab Yesrita dikonfirmasi terpisah melalui selularnya. (wrd)