Lahan Pertanian makin Berkurang, Petani Optimalkan Lahan yang Ada

8
PERTANIAN: Sebanyak 27 poktan di Tanahdatar memperoleh bantuan alsintan dari dana aspirasi anggota DPR RI Hermanto yang diserahkan secara simbolis, Kamis (12/8) di kantor Dinas Pertanian Tanahdatar.(IST)

Lahan pertanian di Kabupaten Tanahdatar semakin berkurang karena berbagai penyebab. Di lahan yang ada petani diharapkan mampu meningkatkan produktivitas lahan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan pemanfaatan yang maksimal dari bantuan alsintan yang diberikan, baik dari DPR RI, provinsi, ataupun Pemkab Tanahdatar.

Hal ini disampaikan Staf Ahli Bidang Ekobang dan Keuangan Pemkab Tanahdatar Nusyirwan. “Tidak semua poktan yang memperoleh bantuan ini, manfaatkan dan gunakan sebaik-baiknya, jaga dan rawat. Sehingga bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu lama dan bisa meningkatkan ekonomi anggota ataupun masyarakat petani,” tukasnya.

Sebanyak 27 kelompok tani (poktan) Tanahdatar memperoleh bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) dari dana aspirasi Anggota DPR RI Hermanto yang diserahkan secara simbolis, Kamis (12/8) di kantor Dinas Pertanian Tanahdatar.

Dalam kesempatan itu, Nusyirwan menjelaskan, mayoritas masyarakat Tanahdatar bergerak di bidang pertanian dan menjadi pemasok pangan di Sumatera Barat, tentunya ke depan hal ini setidaknya bisa dipertahankan dan ditingkatkan.

Sementara itu Hermanto menyampaikan, di tengah kondisi negara saat ini di mana dari berbagai sektor, sektor Pertanian mampu bertahan dan mengalami tren naik.

“Kita melihat potensi bidang pertanian ini sangat baik untuk dikembangkan di tengah kondisi saat ini, terutama juga saat Pandemi Covid-19. Untuk itu bantuan seperti yang diserahkan hari ini diharapkan mampu untuk membantu masyarakat petani melalui Gapoktannya di Tanahdatar,” ujarnya.

Hermanto juga setuju penyampaian bupati dan berharap Poktan yang memperoleh bantuan bisa menjaga, merawat dan memanfaat bantuan semaksimal mungkin.

Baca Juga:  Gebyar Vaksinasi Sasar Penerima PKM

“Pertama sekali, alsintan ini akan menambah aset poktan. Kemudian setelah dimanfaatkan baru diharapkan dapat meningkatkan hasil pertanian yang berdampak juga perbaikan ekonomi masyarakat petani, makanya diharapkan bantuan ini bisa dirawat agar panjang masa pemanfaatannya,” ujar Hermanto.

Di kesempatan itu juga, Kadis Pertanian Yulfiardi menyampaikan ucapan dan ungkapan terima kasih atas bantuan yang diberikan anggota DPR RI ini. “Alsintan yang diberikan tentunya akan sangat membantu dan mempermudah pekerjaan petani, karenanya manfaatkanlah dengan semaksimal mungkin,” ujarnya.

Dengan adanya bantuan ini tentu diharapkan lahan-lahan yang selama ini tidak tergarap bisa dimanfaatkan secara maksimal.  “Alat ini merupakan milik bersama, karenanya manfaatkanlah sehingga tidak ada lagi lahan yang tidak tergarap. Pelihara dan teknis pemeliharaannya diserahkan kepada Poktan asalkan jangan memberatkan anggota ataupun masyarakat yang ingin memakai Alsintan itu,” ujarnya.

Adapun 27 alsintan yang diberikan, terbagi 2 macam yakni 17 unit alsintan pra tanam dan 10 unit alsintan pascapanen.  Alsintan Pra Tanam berupa 1 unit TR-4, 6 unit TR–2, 2 unit Cultivator dan 8 unit pompa air tersebar di Poktan di Kecamatan Rambatan, Limakaum, Batipuh, Pariangan, Lintaubuo Utara, Batipuh Selatan, Sungaitarab, Tanjungemas dan Lintaubuo.

Sedangkan, alsintan pascapanen berupa 2 unit power thresher, 4 unit power thresher multiguna, 3 unit corn sheller dan 1 unit corn sheller mobile tersebar poktan di Kecamatan Lintaubuo Utara, Salimpaung, Batipuh Selatan, Lintaubuo Utara, Rambatan dan Sungaitarab. (stg)