BBI Rambatan Jadi Science Technopark, Wagub Minta Susun Blue Print

11
RENCANA PENGEMBANGAN: Wagub Sumbar Audy Joinaldy merencanakan BBI Balimbing menjadi Science Technopark.(IST)

Balai Benih Ikan (BBI) Balimbing, Kecamatan Rambatan disiapkan menjadi Science Technopark. Hal itu mencuat saat kunjungan Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Tanahdatar, Kamis (15/7).

Wagub yang datang bersama Kepala Balitbang Reti Wafda, Kadis Kesehatan Arry Yuswandi, Kadis SDA dan Bina Konstruksi Rifda, Kadis Cipta Karya Fathol Bari, Kadis Pariwisata Novrial dan Kadis Pertanian, Pangan dan Hortikultura Syafrizal disambut langsung Bupati Tanahdatar Eka Putra dan Wakil Bupati Richi Aprian serta didampingi kepala perangkat daerah terkait.

Rangkaian kegiatan Wagub Audy di Tanahdatar di antaranya meninjau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Batipuh 1, meninjau Balai Benih Ikan (BBI) di Balimbing Kecamatan Rambatan, Bendungan Irigasi Batang Selo di Tanjung Emas, penyerahan bantuan 1 unit ventilator untuk RSUD MA Hanafiah Batusangkar serta penyerahan bantuan masker untuk siswa di SD 06,09 dan 16 Baringin Batusangkar.

Saat di BBI Rambatan di bawah pengawasan pemerintah provinsi ini Audy mengatakan rencana pemanfaatan BBI ke depannya. “Balai Benih ini tidak termanfaatkan secara maksimal, rencananya dengan Balitbang dan dukungan Bupati Tanahdatar akan dibuat Minang Science Technopark,” kata Audy.

Tekhnopark adalah pengembangan teknologi dan akan dikhususkan di bidang pertanian. “Sektor hilirisasi seperti penyampaian tadi, ketersediaan air yang kurang. Namun melihat kondisi langsung di lapangan, saya rasa air tidak masalah karena di sekitar lokasi ini ketersediaan air cukup. Saya meminta kepada Balitbang untuk dibuatkan blueprint-nya. Dan perlu ditambahkan Technopart ini disamping pengembangan teknologi juga menjadi sarana edukasi teknologi bagi siswa SD ataupun SMP,” terang Audy.

Baca Juga:  Warga Jorong Mawar Usulkan Pemekaran Nagari

Untuk peninjauan Irigasi di Batang Selo, Audy mengatakan pemerintah provinsi akan bantu perbaikan pada titik-titik yang longsor. Sementara Bupati Tanahdatar Eka Putra menyambut baik kunjungan wagub bersama rombongan.

“Kami pemerintah daerah dan masyarakat merasa terhormat dan senang kedatangan wagub, kedatangan ini untuk meninjau langsung sekaligus membawa program terutama dalam bidang teknologi, dan saya bersama jajaran, siap mendukung ke depan,” ungkap bupati.

Eka mengatakan, adanya program-program provinsi di Tanahdatar, pemerintah daerah sangat terbantu. “Kami berterima kasih karena kami sangat terbantu dengan program-program yang dibawa ke Tanahdatar, ini sangat berarti mengingat keterbatasan APBD Kabupaten apalagi ditambah adanya refocusing anggaran,” ujarnya.

Usai peninjauan lapangan, dilakukan sesi diskusi rencana pembangunan di Tanahdatar di Gedung Indo Jolito. (stg)